Page 264 - Cakrawala Pendidikan
P. 264

I.G.A.K.  Wa.rdani

        Tahun  1999,  UUSPN  telah  berusia  10  tahun.  Selama  10  tahun
        tentu  telah  banyak yang  diperbuat oleh  para  pejabat dan  pendidik
        yang  peduli  terhadap  masa  depan  bangsa.  Berbagai  gagasan  dan
        tindakan yang  bersumber dari  UUSPN  tersebut telah  direalisasikan
        dalam  berbagai  bidang,  termasuk  dalam  bidang  pendidikan  luar
        biasa.  Namun,    setelah   keberadaan  PLB  diakui  secara
        konstitusional,  sebuah  pertanyaan  yang  sangat  mendasar  perlu
        dijawab  "Seberapa  jauh  keberadaan  layanan  PLB  ini  berdampak
        positif  bagi  kesejahteraan/pengembangan  potensi/masa  depan
        para  penyandang  kelainan?"  Untuk menjawab pertanyaan  ini  perlu
        dilakukan  berbagai  usaha,  seperti  melakukan  penelitian  yang
        berskala  nasional,  melakukan  kajian  pustaka,  atau  kombinasi
        keduanya,  yang  dapat  dilakukan  dengan  suatu  renungan  atau
        refleksi  yang  memungkinkan  seseorang  melihat kembali  apa  yang
        sudah,  sedang,  dan  akan  terjadi  dalam  bidang  pendidikan  luar
        biasa.
        Artikel  ini  bermaksud  menuangkan  hasil  renungan  atau  refleksi
        yang  berupa kajian  beberapa aspek yang terkait dengan pelayanan
        anak  berkelainan,  terutama  yang  berkaitan  dengan  aspek-aspek
        yang  memberi  harapan  bagi  penyandang  kelainan  dan  sekaligus
        merupakan  tantangan  bagi  mereka  yang  peduli  terhadap  PLB.
        Kajian  ini  akan  dimulai  dengan  profil  PLB  yang  mencakup
        keberadaan  layanan  PLB,  sikap  masyarakat terhadap  penyandang
        kelainan,  dan  sistem  pelayanan;  kemudian  dilanjutkan  dengan
        harapan  penyandang  kelainan,  serta tantangan  yang  dihadapi oleh
        PLB.  Sebagai  penutup  akan  diulas  implikasi  kondisi  nyata  ini
        terhadap peningkatan pelayanan bagi penyandang kelainan.

        Sepintas  tentang  Keberadaan  Layanan  Pendidikan  Luar
        Bias a
        Tuhan  menciptakan  makhluknya  dengan  berbagai  kondisi.  Ada
        yang  dilahirkan  normal  dan  berkembang  tanpa  mengalami
        hambatan,  namun  ada  pula  yang  lahir  normal  dan  mengalami
        hambatan  dalam  perkembangannya,      sehingga   memerlukan
        layanan  khusus  agar  potensi  yang  dimilikinya  dapat  berkembang
        optimal.  Selanjutnya,  ada  pula  yang  sejak  lahir  sudah  mengalami
        kelainan,  sehingga  layanan  khusus  yang  diperlukan  harus




        254
   259   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269