Page 265 - Cakrawala Pendidikan
P. 265

Pendidikan Luar Biasa:


       disediakan  secara  lebih  intensif.  Kondisi  seperti  ini  tetap  terjadi
       sepanjang  jaman,  meskipun  kemajuan  ilmu  pengetahuan  dan
       teknologi,  terutama  di  bidang  medis  telah  mampu  mengurangi
       berbagai  kelainan,  baik  yang  dibawa  sejak  lahir  maupun  yang
       didapat  dalam  proses  perkembangan  manusia.  Di  lain  pihak,
       kemajuan 1lmu  pengetahuan dan teknologi terse but juga membawa
       dampak  negatif bagi  kesejahteraan  umat  manusia,  lebih-lebih  jika
       masyarakat  belum  siap  menerima  berbagai  perubahan  yang
       terjadi.  Sebagai  contoh,  beredarnya  berbagai  obat  terlarang  yang
       digunakan  secara  salah  akan  mempengaruhi  kesehatan  manusia,
       dan  pada  gilirannya  berdampak  pada  lahirnya  bayi-bayi  yang
       mengalami kelainan fisik dan/atau mental,  jika yang mengkonsumsi
       obat-obat terlarang tersebut kaum wanita.
       Sejalan  dengan  uraian  tersebut,  warga  negara  yang  memiliki
       kelainan  fisik  dan/atau mental sudah  ada sejak jaman  purba.  Oleh
       karena  itu,  pelayanan  khusus  kepada  mereka  pun  seyogyanya
       sudah  tersedia  sejak  lama.  Namun,  pelayanan  khusus  ini,  baru
       dapat  ditelusuri  mulai  abad  18.  Di  Amerika  Serikat,  keberadaan
       layanan  ini,  terutama  untuk  anak  tunagrahita,  tunarungu-wicara,
       dan  tunanetra  baru  dimulai  abad  19.  Pada  sekitar  pertengahan
       abad  ke  19,  Edouard  Senguin,  yang  merupakan  protipe  dari  ltard
       (pendiri  sekolah  untuk  anak  tunagrahita  di  Paris),  berimigrasi  ke
       Amerika  Serikat.  Pada  waktu  yang  hampir  bersamaan.  beberapa
       sekolah  yang  serupa  untuk  anak  tunagrahita  juga  dibuka  di
       Amerika  Serikat.  Tahun  1817  di  Connecticut,  Amerika  Serikat
       didirikan  American Asylum for the  Deaf,  yaitu  sekolah  untuk anak
       tunarungu-wicara.  Sekolah  untuk  anak  tunanetra  didirikan  di
       Amerika Serikat untuk pertama kali  pada tahun  1831  di Watertown,
       Massachusetts  (Gearheart.  1980;  Reynold  &  Birch,  1988).
       Selanjutnya,  pelayanan  untuk  anak  berkelainan  mengalami
       perkembangan  yang  cukup  pesat  yang  dikukuhkan  melalui
       serangka1an  undang-undang,  salah  satu  di  antaranya  yang  sangat
       terkenal adalah  Public  Law 94-142,  yang  diundangkan  pada  tahun
       1975  dan  berlaku  efektif  tahun  1978.  Undang-undang  ini,  yang
       disebut  sebagai:  The  Education  of All Handicapped  Children  Act,
       menjamin  hak  setiap  anak  untuk  mendapat  pendidikan  yang
       sesuai,  yang  bebas  biaya,  dan  dilaksanakan  dalam  lingkungan
       yang paling tidak terbatas (least restrictive environment).


                                                                255
   260   261   262   263   264   265   266   267   268   269   270