Page 254 - Cakrawala Pendidikan
P. 254
UT dan Permasalahannya
Sampai saat ini, UT masih berperan sebagai satu-satunya
penyelenggara pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di
Indonesia pada tingkat pendidikan tinggi. Mengingat
perkembangan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang
sangat pesat ini, UT perlu berupaya keras untuk mempertahankan
keberadaannya sebagai penyelenggara pendidikan tinggi terbuka
dan jarak jauh yang handal dan berkualitas, serta menjadi pusat
unggulan untuk pengembangan pendidikan tinggi terbuka dan jarak
jauh di Indonesia sehingga UT dapat memberikan bantuan kepada
setiap institusi pendidikan yang berminat mengembangkan dan
menyelenggarakan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.
Sebaga1 penyelenggara pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh
yang handal dan berkualitas artinya UT mampu memberikan
layanan pendidikan kepada siapa saja, dalam bidang apa saja, di
mana saja, kapan saja, melalui beragam cara. Dalam hal ini berarti
UT mempunyai posisi strategis dalam upaya pemerataan
pendidikan di Indonesia. Selain itu, karena UT mempunyai standar
mutu yang sama dari ujung Sabang sampai Merauke, maka UT
juga mempunyai peran yang sangat penting dalam menjembatani
kesenjangan mutu pendidikan di Indonesia yang belum merata
saat ini.
Sebagai pusat unggulan pengembangan pendidikan tinggi terbuka
dan jarak jauh di Indonesia, artinya dengan berbekal pengalaman,
kemampuan dan komitmen, UT bertekad menjadi pemimpin dalam
penelitian dan pengembangan pendidikan tingg1 terbuka dan jarak
Jauh di Indonesia. Sebagai pusat unggulan, UT akan terus menerus
melakukan penelitian dan pengembangan dalam berbagai aspek
pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang dapat digunakan
untuk pengembangan dan peningkatan organisasi UT sendiri, dan
juga untuk pemberian layanan kepada institusi-institusi pendidikan
lain yang berusaha mengembangkan pendidikan tinggi terbuka dan
jarak jauh. (Renstra UT, 1998-2007)
Upaya peningkatan kualitas dan kuantitas di segala bidang agar
UT dapat mempertahankan keberadaannya sebagai institusi
penyelenggara pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yang
244