Page 254 - Cakrawala Pendidikan
P. 254

UT dan Permasalahannya
          Sampai  saat  ini,  UT  masih  berperan  sebagai  satu-satunya
          penyelenggara  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  di
          Indonesia   pada    tingkat   pendidikan   tinggi.   Mengingat
          perkembangan  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  yang
          sangat pesat ini,  UT perlu  berupaya  keras  untuk mempertahankan
          keberadaannya  sebagai  penyelenggara  pendidikan  tinggi  terbuka
          dan  jarak jauh  yang  handal  dan  berkualitas,  serta  menjadi  pusat
          unggulan untuk pengembangan pendidikan tinggi terbuka dan jarak
          jauh  di  Indonesia sehingga  UT dapat memberikan  bantuan  kepada
          setiap  institusi  pendidikan  yang  berminat  mengembangkan  dan
          menyelenggarakan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.
          Sebaga1  penyelenggara  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh
          yang  handal  dan  berkualitas  artinya  UT  mampu  memberikan
          layanan  pendidikan  kepada  siapa  saja,  dalam  bidang  apa  saja,  di
          mana saja, kapan saja,  melalui beragam cara.  Dalam hal ini berarti
          UT  mempunyai  posisi  strategis  dalam  upaya  pemerataan
          pendidikan di  Indonesia. Selain itu,  karena UT mempunyai  standar
          mutu  yang  sama  dari  ujung  Sabang  sampai  Merauke,  maka  UT
          juga  mempunyai  peran  yang  sangat  penting  dalam  menjembatani
          kesenjangan  mutu  pendidikan  di  Indonesia  yang  belum  merata
          saat ini.
          Sebagai  pusat unggulan  pengembangan  pendidikan  tinggi  terbuka
          dan jarak jauh di  Indonesia,  artinya dengan  berbekal  pengalaman,
          kemampuan dan  komitmen,  UT bertekad  menjadi  pemimpin dalam
          penelitian  dan  pengembangan  pendidikan  tingg1  terbuka  dan jarak
          Jauh di  Indonesia. Sebagai pusat unggulan, UT akan terus menerus
          melakukan  penelitian  dan  pengembangan  dalam  berbagai  aspek
          pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  yang  dapat  digunakan
          untuk pengembangan  dan  peningkatan  organisasi  UT sendiri,  dan
          juga  untuk  pemberian  layanan  kepada  institusi-institusi  pendidikan
          lain yang berusaha mengembangkan pendidikan tinggi terbuka dan
          jarak jauh. (Renstra UT,  1998-2007)
          Upaya  peningkatan  kualitas  dan  kuantitas  di  segala  bidang  agar
          UT  dapat  mempertahankan  keberadaannya  sebagai  institusi
          penyelenggara  pendidikan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  yang




          244
   249   250   251   252   253   254   255   256   257   258   259