Page 250 - Cakrawala Pendidikan
P. 250

Subagjo

          2.   mendiagnosa permasalahan akademik di perguruan tinggi
          3.   meningkatkan pola  komunikasi dan  umpan balik dalam bidang
              akademik
          4.   pemberdayaan  staf akademik untuk  pelaksanaan  manajemen
              mutu terpadu dalam bidang akademik

          5.   meningkatkan suasana akademik yang  kondusif
          6.   menyelesaikan permasalahan program akademik di  perguruan
              tinggi.
          Upaya-upaya  yang  berfokus  pada  program  akademik,  antara  lain
          Development  of  Undergraduate  Education  (DUE),  Quality  of
          Undergraduate  Education  (QUE),  DUE-like,  QUE-like,  semi-QUE,
          hibah   bersaing   lembaga   pengembangan   pendidikan,   dan
          manajemen mutu terpadu  program akademik.
          Dari  upaya-upaya  tersebut,  ada  tingkatan  mulai  dari  yang  sangat
          terfokus pada staf akademik sampai pada yang berfokus luas, yaitu
          pada  program  akademik  sebagai  sebuah  sistem.  Hal  ini
          menggambarkan  perjalanan  upaya  pengendalian  mutu  akademik
          yang  dijalankan  di  berbagai  perguruan  tinggi,  mulai  dari  yang
          hanya mengendalikan staf akademiknya saja,  sampai kepada yang
          berpikir   secara   sistemik,   yaitu   mengendalikan   program
          akademiknya. Jika perguruan tinggi memikirkan pengendalian mutu
          akademik  secara  utuh  terfokus  pada  program  akademik,  maka
          pewadahan beragam aktivitas pengendalian ke dalam suatu wadah
          - lembaga/unit  pengembangan  pendidikan,  menjadi  salah  satu
          pilihan yang amat strategis.

          Pengembangan wadah
          Wadah  yang  mengorganisasikan  upaya  pengendalian  mutu
          akademik  secara  sistemik  telah  mulai  dikembangkan  di  berbagai
          institusi  pendidikan  tinggi  sejak  tahun  1970-an.  Pada  awalnya,
          munculnya  ide  untuk  membentuk  wadah  tersebut  terutama
          didorong  oleh  keinginan  para  pengelola  program  pendidikan  untuk
          membantu  staf  akademik  dalam  meningkatkan  mutu  proses
          pembelajaran.   Wadah  semacam     1m   pertama  kali   dirintis
          pembentukannya  oleh  Harvard  University,  dengan  nama  Derek



          240
   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254   255