Page 248 - Cakrawala Pendidikan
P. 248

Upaya  pengendalian  mutu  akademik  yang  diasumsikan  terjadi
          dengan  sendirinya,  agak  berbeda  dengan  upaya  pengendalian
          mutu  penelitian  dan  pengabdian  kepada  masyarakat  yang  sudah
          secara  struktural  dan  sistemik  ditangani  oleh  perguruan  tinggi.
          Padahal,  perguruan  tinggi  adalah  lembaga  pendidikan  dengan
          mutu    akademik    sebagai    jantung   hatinya,   sehingga
          pengorganisasian  upaya  pengendalian  mutu  akademik  secara
          sistemik merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindarkan lagi.
          Beragam upaya pengendalian mutu  akademik telah  dilakukan  oleh
          perguruan tinggi maupun pemerintah.  8ecara umum,  upaya-upaya
          tersebut tergabung  dalam  beberapa  kategori,  yaitu  yang  berfokus
          pada  staf  akademik,  pada  aktivitas  instruksional,  serta  pada
          program akademik.

          Upaya  pengenda!ian  mutu  yang  berfokus  pada  staf  akademik
          meliputi  beragam aktivitas yang  ditujukan  untuk peningkatan  mutu
          tenaga  dosen  serta  peningkatan  profesionalisme  dosen,  baik
          melalui   peningkatan   pendidikan   formal   ataupun   informal.
          Diasumsikan,  jika  staf  akademiknya  berkualitas,  maka  proses
          pembelajaran  akan  meningkat,  dan  mutu  akademik  perguruan
          tinggi juga akan meningkat.  Aktivitas-aktivitas tersebut,  antara lain,
          pertukaran  staf,  pelatihan  dan  penataran  di  bidang  pembelajaran
          dan penilaian,  pembimbingan individu tentang  pemanfaatan sarana
          dan  prasarana  dalam  pembelajaran,  pelatihan  dan  fasilitasi  bagi
          staf  untuk  menjadi  pelajar  sepanjang  hayat,  serta  pendidikan
          lanjutan (82, 83) dalam bidang ilmu maupun bidang pengayaan.

          Tujuan utama upaya yang berfokus pada staf akademik adalah:
          1.   menunjukkan   kepedulian   perguruan   tinggi   terhadap
               peningkatan mutu staf akademik secara individual
          2.   meningkatkan produktivitas setiap staf akademik
          3.   meningkatkan kepuasan bekerja di kalangan staf akademik
          4.   memberikan  fasilitas  untuk  perubahan  peran  sesuai  tuntutan
               perkembangan
          5.   mengembangkan  keterampilan  staf  akademik  dalam  bidang
               ilmu  maupun  pembelajaran  ke  arah  yang  lebih  baik  dan
               kontekstual.




          238
   243   244   245   246   247   248   249   250   251   252   253