Page 253 - Cakrawala Pendidikan
P. 253
Educational Technology, atau Open Learning Institute - Hong
Kong yang memiliki unit pengembangan program akademik. Pada
umumnya, aktivitas ataupun kegiatan yang ditangani wadah
tersebut di institusi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh
berfokus pada pengembangan aktivitas instruksional dan
pengembangan program akademik, untuk berfungsi sebagai pusat
pengembangan, pemantauan dan evaluasi, pengendali mutu
akademik, serta penyedia informasi mutu akademik bagi pengambil
keputusan.
Pada kenyataannya, wadah tersebut bagi perguruan tinggi terbuka
dan jarak jauh memiliki peran yang sangat esensial, karena proses
pembelajaran di perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh sangat
tergantung pada perencanaan yang sistematik dan perancangan
proses pembelajaran. Sementara, upaya peningkatan mutu
pembelajaran di perguruan tinggi konvensional masih dapat
diharapkan terjadi seiring dengan berlangsungnya proses
perkuliahan.
Dalam rangka peningkatan dan pengendalian mutu akademik,
serta pengorganisasian kegiatan-kegiatan pengkajian dan
pengembangan akademik di Universitas Terbuka (UT),
seyogyanya UT memulai suatu upaya pengembangan wadah yang
disebut Lembaga Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan
Terbuka dan Jarak Jauh. Upaya ini didasarkan pada kenyataan
bahwa sete!ah 15 tahun berjalan, sistem pendidikan tinggi terbuka
dan jarak jauh yang diterapkan UT menyajikan beragam
permasalahan, terutama masalah-masalah dalam proses
pembelajaran. Hal ini tentunya perlu ditangani secara serius.
Masalah intrinsik dalam proses pembelajaran di UT menandakan
perlunya upaya peningkatan kualitas yang sistemik dan
berkesinambungan. Begitu juga kegiatan-kegiatan pengkajian dan
pengembangan akademik di UT yang sudah dirintis namun masih
belum terorganisasi secara sistemik dan berkesinambungan
mempersyaratkan UT untuk memiliki lembaga yang mewadahi hal-
hal tersebut.
243