Page 253 - Cakrawala Pendidikan
P. 253

Educational  Technology,  atau  Open  Learning  Institute  - Hong
       Kong  yang  memiliki  unit pengembangan  program  akademik.  Pada
      umumnya,  aktivitas  ataupun  kegiatan  yang  ditangani  wadah
      tersebut  di  institusi  perguruan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh
       berfokus   pada   pengembangan   aktivitas   instruksional   dan
      pengembangan  program akademik,  untuk berfungsi  sebagai  pusat
      pengembangan,  pemantauan  dan  evaluasi,  pengendali  mutu
      akademik, serta penyedia informasi mutu akademik bagi pengambil
       keputusan.
       Pada kenyataannya,  wadah tersebut bagi  perguruan  tinggi  terbuka
       dan jarak jauh memiliki peran yang  sangat esensial,  karena proses
      pembelajaran  di  perguruan  tinggi  terbuka  dan  jarak  jauh  sangat
      tergantung  pada  perencanaan  yang  sistematik  dan  perancangan
       proses  pembelajaran.  Sementara,  upaya  peningkatan  mutu
       pembelajaran  di  perguruan  tinggi  konvensional  masih  dapat
       diharapkan  terjadi  seiring   dengan   berlangsungnya   proses
       perkuliahan.
       Dalam  rangka  peningkatan  dan  pengendalian  mutu  akademik,
       serta   pengorganisasian   kegiatan-kegiatan   pengkajian   dan
       pengembangan    akademik    di   Universitas   Terbuka   (UT),
       seyogyanya UT memulai suatu  upaya pengembangan wadah yang
       disebut  Lembaga  Peningkatan  dan  Pengembangan  Pendidikan
       Terbuka  dan  Jarak  Jauh.  Upaya  ini  didasarkan  pada  kenyataan
       bahwa sete!ah  15 tahun  berjalan,  sistem  pendidikan  tinggi  terbuka
       dan  jarak  jauh  yang  diterapkan  UT  menyajikan  beragam
       permasalahan,   terutama   masalah-masalah    dalam   proses
       pembelajaran.  Hal  ini  tentunya  perlu  ditangani  secara  serius.
       Masalah  intrinsik  dalam  proses  pembelajaran  di  UT  menandakan
       perlunya   upaya   peningkatan  kualitas  yang   sistemik  dan
       berkesinambungan.  Begitu juga kegiatan-kegiatan  pengkajian dan
       pengembangan  akademik di  UT yang  sudah  dirintis  namun  masih
       belum  terorganisasi  secara  sistemik  dan  berkesinambungan
       mempersyaratkan UT untuk memiliki lembaga yang  mewadahi hal-
       hal tersebut.








                                                                243
   248   249   250   251   252   253   254   255   256   257   258