Page 251 - Cakrawala Pendidikan
P. 251

Bok   Teaching   and   Learning   Center,   yang   memusatkan
          kegiatannya   pada   pengembangan     instruksional,   terutama
          penggunaan  pendekatan  "problem  based  learning"  untuk  bidang
          kedokteran  (Lambert  &  Tice,  1993).  Sejak  tahun  1975  sampai
          sekarang,  wadah  semacam  ini  sudah  berkembang  di  berbagai
          perguruan tinggi,  konvensional  maupun jarak jauh,  dalam dan  luar
          negeri.

          Pengembangan wadah  tersebut  dapat berdampak positif terhadap
          proses  pembelajaran karena secara gamblang menjelaskan bahwa
          perguruan  tinggi  menjadikan  mutu  akademik  sebagai  prioritas
          utama.  Dengan  pengelolaan  yang  baik dan  benar,  upaya tersebut
          juga  dapat  mengefektifkan  dan  mengefisienkan  pemanfaatan
          sumber  daya  perguruan  tinggi.  Pada  akhirnya,  upaya  tersebut
          dapat  meningkatkan  mutu  akademik  di  perguruan  tinggi  melalui
          proses pengembangan dan  peningkatan yang berkelanjutan.
          Sejauh  ini,  dalam  kebanyakan  tatanan  sistem  pendidikan  tinggi  di
          Indonesia,  wadah  yang    khusus   untuk  menangani  upaya
          peningkatan  dan  pengendalian  mutu  akademik  belum  menjadi
          perhatian khusus.  Banyak pimpinan perguruan tinggi menganggap
          bahwa  karena institusinya adalah  institusi pendidikan  maka hal-hal
          yang  berkaitan  dengan  proses  pembelajaran  sudah  bergulir
          dengan  sendirinya  melalui  terselenggaranya  proses  perkuliahan.
          Sementara  itu,  Lembaga  Penelitian  dan  Lembaga  Pengabdian
          kepada Masyarakat yang  masing-masing berfungsi untuk membina
          kualitas  penelitian  dan  kualitas  pengabdian  kepada  masyarakat
          memperoleh  perhatian  yang  cukup  tinggi  dari  pimpinan  dan
          masyarakat  akademik  di  perguruan  tinggi.   Pramoetadi  (1994)
          menyerukan  perlunya  ada  satu  lembaga  yang  seJajar  dengan
          Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian  kepada Masyarakat
          dalam  satu  institusi  pendidikan  tinggi  untuk  menangani  berbagat
          inisiatif  dan  upaya  dalam  rangka  peningkatan  kualitas  proses
          pembelajaran, yang  pada akhirnya akan dapat meningkatkan mutu
          pendidikan  di  institusi  pendidikan  tinggi  tersebut.  Menurut
          Pramoetadi  ( 1994 ),  selama  ini  berbagai  inisiatif  dan  upaya
          perbaikan  kualitas  pembelajaran  menjadi  tidak berarti  karena tidak
          tertata  secara  sistemik  dan  sistematis.   Seruan  tersebut
          dilandaskan  kepada  hasil  penelitian  terhadap  program  Applied




                                                                   241
   246   247   248   249   250   251   252   253   254   255   256