Page 251 - Cakrawala Pendidikan
P. 251
Bok Teaching and Learning Center, yang memusatkan
kegiatannya pada pengembangan instruksional, terutama
penggunaan pendekatan "problem based learning" untuk bidang
kedokteran (Lambert & Tice, 1993). Sejak tahun 1975 sampai
sekarang, wadah semacam ini sudah berkembang di berbagai
perguruan tinggi, konvensional maupun jarak jauh, dalam dan luar
negeri.
Pengembangan wadah tersebut dapat berdampak positif terhadap
proses pembelajaran karena secara gamblang menjelaskan bahwa
perguruan tinggi menjadikan mutu akademik sebagai prioritas
utama. Dengan pengelolaan yang baik dan benar, upaya tersebut
juga dapat mengefektifkan dan mengefisienkan pemanfaatan
sumber daya perguruan tinggi. Pada akhirnya, upaya tersebut
dapat meningkatkan mutu akademik di perguruan tinggi melalui
proses pengembangan dan peningkatan yang berkelanjutan.
Sejauh ini, dalam kebanyakan tatanan sistem pendidikan tinggi di
Indonesia, wadah yang khusus untuk menangani upaya
peningkatan dan pengendalian mutu akademik belum menjadi
perhatian khusus. Banyak pimpinan perguruan tinggi menganggap
bahwa karena institusinya adalah institusi pendidikan maka hal-hal
yang berkaitan dengan proses pembelajaran sudah bergulir
dengan sendirinya melalui terselenggaranya proses perkuliahan.
Sementara itu, Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian
kepada Masyarakat yang masing-masing berfungsi untuk membina
kualitas penelitian dan kualitas pengabdian kepada masyarakat
memperoleh perhatian yang cukup tinggi dari pimpinan dan
masyarakat akademik di perguruan tinggi. Pramoetadi (1994)
menyerukan perlunya ada satu lembaga yang seJajar dengan
Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat
dalam satu institusi pendidikan tinggi untuk menangani berbagat
inisiatif dan upaya dalam rangka peningkatan kualitas proses
pembelajaran, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan mutu
pendidikan di institusi pendidikan tinggi tersebut. Menurut
Pramoetadi ( 1994 ), selama ini berbagai inisiatif dan upaya
perbaikan kualitas pembelajaran menjadi tidak berarti karena tidak
tertata secara sistemik dan sistematis. Seruan tersebut
dilandaskan kepada hasil penelitian terhadap program Applied
241