Page 246 - Cakrawala Pendidikan
P. 246
perubahan-perubahan yang direncanakan di perguruan tinggi,
pemantauan serta analisis terhadap praktek kegiatan akademik
yang dilaksanakan di perguruan tinggi. Melalui pewadahan ini,
proses dan upaya pengendalian mutu akademik menjadi bukan
sekedar respons yang sporadis lagi, tetapi merupakan kegiatan
yang terencana, terintegrasi dan berkesinambungan. Sehingga
dapat menghasilkan dampak yang nyata dan bermakna dalam
peningkatan mutu akademik di perguruan tinggi.
Mutu Akademik
Proses pembelajaran merupakan penentu utama dari mutu
akademik di perguruan tinggi. Dalam hal ini, proses pembelajaran
tidak sama artinya dengan perkuliahan atau proses be/ajar
mengajar di kelas yang selama ini dianggap sebagai jantung hati
perguruan tinggi. Jantung hati perguruan tinggi adalah mutu
akademik yang secara nyata diwujudkan melalui hubungan
kerjasama dan interaksi yang intensif antara staf akademik dengan
siswa melalui pemanfaatan beragam sumber belajar
perpustakaan, laboratorium, lingkungan, dll. Bidang ilmu menjadi
sarana untuk terjadinya interaksi tersebut. Kesemua itu
menggambarkan proses pembelajaran di perguruan tinggi, yaitu
proses untuk mengembangkan siswa agar menguasai
keterampilan dan metode, dengan jalan mana ia dapat secara
ilmiah mengkaji, memilih, dan menerapkan informasi yang baru
didapatkannya.
Masalah utama yang dihadapi dalam upaya peningkatan mutu
akademik di perguruan tinggi adalah masalah keseimbangan
antara tuntutan pemerataan di satu pihak dengan tuntutan kualitas
dan relevansi di lain pihak. Proses pendangkalan intelektual
seringkali terjadi di banyak perguruan tinggi akibat arah
pengembangan pendidikan lebih banyak ditujukan pada
pembangunan kemampuan hardware dan software perguruan
tinggi untuk dapat menampung siswa yang makin meningkat
jumlahnya, dan pada pelaksanaan kurikulum - penyampaian
materi bidang ilmu sesuai dengan kurikulum. Sementara itu,
perhatian terhadap isi substansial perguruan tinggi, yaitu proses
pembelajaran, relatif minimal. Begitu juga pengembangan
236