Page 243 - Cakrawala Pendidikan
P. 243
Universitas Terbuka: Pemerataan ...
Beragamnya kegiatan yang diselenggarakan secara rutin dan
keterkaitan masing-masing unit sangat erat, sehingga batasan
nyata antara tugas akademik dengan administratif agak kabur. Hal
ini agak sulit dipahami, terutama oleh pihak-pihak di luar UT.
Sekalipun sejak awal berdirinya hal ini telah disadari oleh para
konseptor UT. Kenyataan ini terbukti dengan sulitnya pengakuan
pekerjaan yang dilaksanakan oleh staf akademik UT pada unit-unit
pendukung. Demikian pula dengan organisasi UT yang masih
mengadopsi organisasi universitas konvensional, di mana secara
fungsional tidak dapat diterapkan pada UT. Keberanian UT dalam
memformulasikan bentuk kegiatannya yang tidak terdapat pada
universitas konvensional belum terwujudkan, di samping itu pihak
luar UT juga belum dapat menerima perbedaan yang ada ini
sebagai suatu kenyataan.
Setelah melalui 15 tahun pertama dari perjalanannya, UT perlu
menentukan dengan segera jati dirinya. Dari sinilah akan dimulai
suatu perencanaan kerja, pengembangan, dan prioritas
pelaksanaan kegiatan, tanpa meninggalkan fungsinya sebagai
pengemban tri dharma perguruan tinggi.
Daftar Pustaka
Verduin Jr,J.R, & Clark Thomas A, (1991 ). Distance Education.
California USA: Jessey Bass Inc.
Daniel, J.S. (1996). Mega Universities & Knowledge Media. Kogan
Page.
Bahan Presentasi Rektor Universitas Terbuka, Februari 1996.
Laporan Rutin Pusat Komputer, ( 1999).
Katalog Universitas Terbuka, Edisi kedua. (1998).
Universitas Terbuka, (Agustus 1999).
233