Page 243 - Cakrawala Pendidikan
P. 243

Universitas Terbuka: Pemerataan ...


       Beragamnya  kegiatan  yang  diselenggarakan  secara  rutin  dan
       keterkaitan  masing-masing  unit  sangat  erat,  sehingga  batasan
       nyata antara tugas akademik dengan administratif agak kabur.  Hal
       ini  agak  sulit  dipahami,  terutama  oleh  pihak-pihak  di  luar  UT.
       Sekalipun  sejak  awal  berdirinya  hal  ini  telah  disadari  oleh  para
       konseptor  UT.  Kenyataan  ini  terbukti  dengan  sulitnya  pengakuan
       pekerjaan yang  dilaksanakan oleh staf akademik UT pada unit-unit
       pendukung.  Demikian  pula  dengan  organisasi  UT  yang  masih
       mengadopsi  organisasi  universitas  konvensional,  di  mana  secara
       fungsional  tidak dapat diterapkan pada  UT.  Keberanian  UT dalam
       memformulasikan  bentuk  kegiatannya  yang  tidak  terdapat  pada
       universitas  konvensional  belum  terwujudkan,  di  samping  itu  pihak
       luar  UT  juga  belum  dapat  menerima  perbedaan  yang  ada  ini
       sebagai suatu kenyataan.
       Setelah  melalui  15  tahun  pertama  dari  perjalanannya,  UT  perlu
       menentukan  dengan  segera  jati  dirinya.  Dari  sinilah  akan  dimulai
       suatu   perencanaan   kerja,   pengembangan,   dan   prioritas
       pelaksanaan  kegiatan,  tanpa  meninggalkan  fungsinya  sebagai
       pengemban tri dharma perguruan tinggi.
       Daftar Pustaka

       Verduin  Jr,J.R,  &  Clark  Thomas  A,  (1991 ).  Distance  Education.
            California USA:  Jessey Bass Inc.
        Daniel,  J.S.  (1996).  Mega  Universities  & Knowledge  Media.  Kogan
            Page.
       Bahan Presentasi Rektor Universitas Terbuka,  Februari 1996.
       Laporan Rutin Pusat Komputer, ( 1999).

       Katalog Universitas Terbuka,  Edisi kedua.  (1998).
        Universitas Terbuka,  (Agustus 1999).












                                                                233
   238   239   240   241   242   243   244   245   246   247   248