Page 245 - Cakrawala Pendidikan
P. 245
Pelembagaan Upaya Pengendalian ...
utama dari keberadaan perguruan tinggi. Mutu akademik
merupakan isu sentral dalam sistem pendidikan tinggi. Jika terjadi
perubahan dalam hal mutu akademik, dengan sendirinya, seluruh
mata rantai perguruan tinggi akan berubah secara sinergis sebagai
satu kesatuan. Keberhasilan, kredibilitas (keterpercayaan) dan
akuntabilitas suatu perguruan tinggi sangat tergantung pada mutu
akademiknya Oleh karenanya, upaya-upaya peningkatan mutu
akademik di perguruan tinggi merupakan upaya yang
berkesinambungan, yang tidak pernah berhenti.
Dalam perjalanan pengembangan pendidikan tinggi, beragam
program yang bertujuan untuk meningkatkan mutu akademik telah
dilakukan, baik sebaga1 1nisiatif mandiri dari perguruan tinggi,
maupun sebagai inisiatif kolektif dari pemerintah. Program-program
tersebut dirancang sebagai program yang mengupayakan
peningkatan kualitas dosen, peningkatan kualitas mahasiswa
(melalui proses rekrutmen yang terseleksi, dan kriteria kelulusan
yang baku), peningkatan kualitas sarana dan prasarana, serta
peningkatan kualitas karyawan. Diasumsikan program yang
beragam tersebut akan berdampak positif terhadap peningkatan
mutu akademik perguruan tinggi. Jika dosen berkualitas, proses
pembelajaran akan dapat berjalan dengan baik, sehingga akan
diperoleh hasil pembelajaran yang baik, dalam hal ini, lulusan yang
berkualitas.
Persepsi tersebut begitu sederhana dibandingkan masalah mutu
akademik dalam suatu perguruan tinggi yang sesungguhnya
sangat kompleks. Di samping itu, persepsi 1ni juga
menggambarkan pendekatan pemecahan masalah yang dilakukan
secara parsial dan fragmentaris berdasarkan masalah yang timbul.
Dengan demikian, proses dan upaya-upaya pengendalian mutu
pendidikan tinggi terjadi lebih sebagai respon yang sporadis
terhadap masalah yang dihadapi perguruan tinggi daripada upaya
sistemik yang terintegrasi ke dalam sistem perguruan tinggi.
Salah satu cara untuk mengorganisasikan beragam upaya
pengendalian mutu akademik di perguruan tinggi secara sistemik
adalah melalui pengembangan wadah yang dapat
mengakomodasikan terjadinya upaya antisipatif perguruan tinggi
terhadap perkembangan dan berbagai tantangan, implementasi
235