Page 245 - Cakrawala Pendidikan
P. 245

Pelembagaan Upaya Pengendalian ...

       utama  dari  keberadaan  perguruan  tinggi.   Mutu  akademik
       merupakan  isu  sentral dalam  sistem  pendidikan  tinggi.  Jika terjadi
       perubahan  dalam  hal  mutu  akademik,  dengan  sendirinya,  seluruh
       mata rantai  perguruan tinggi  akan  berubah secara sinergis sebagai
       satu  kesatuan.  Keberhasilan,  kredibilitas  (keterpercayaan)  dan
       akuntabilitas  suatu  perguruan  tinggi  sangat  tergantung  pada  mutu
       akademiknya  Oleh  karenanya,  upaya-upaya  peningkatan  mutu
       akademik    di   perguruan   tinggi   merupakan   upaya   yang
       berkesinambungan, yang tidak pernah berhenti.
       Dalam  perjalanan  pengembangan  pendidikan  tinggi,  beragam
       program yang  bertujuan  untuk meningkatkan  mutu  akademik telah
       dilakukan,  baik  sebaga1  1nisiatif  mandiri  dari  perguruan  tinggi,
       maupun sebagai  inisiatif kolektif dari pemerintah.  Program-program
       tersebut  dirancang   sebagai   program   yang   mengupayakan
       peningkatan  kualitas  dosen,  peningkatan  kualitas  mahasiswa
       (melalui  proses  rekrutmen  yang  terseleksi,  dan  kriteria  kelulusan
       yang  baku),  peningkatan  kualitas  sarana  dan  prasarana,  serta
       peningkatan  kualitas  karyawan.  Diasumsikan  program  yang
       beragam  tersebut  akan  berdampak  positif  terhadap  peningkatan
       mutu  akademik  perguruan  tinggi.  Jika  dosen  berkualitas,  proses
       pembelajaran  akan  dapat  berjalan  dengan  baik,  sehingga  akan
       diperoleh hasil  pembelajaran yang  baik,  dalam hal  ini,  lulusan yang
       berkualitas.

       Persepsi  tersebut  begitu  sederhana  dibandingkan  masalah  mutu
       akademik  dalam  suatu  perguruan  tinggi  yang  sesungguhnya
       sangat   kompleks.   Di   samping   itu,   persepsi   1ni   juga
       menggambarkan  pendekatan  pemecahan  masalah  yang  dilakukan
       secara parsial  dan  fragmentaris berdasarkan  masalah yang  timbul.
       Dengan  demikian,  proses  dan  upaya-upaya  pengendalian  mutu
       pendidikan  tinggi  terjadi  lebih  sebagai  respon  yang  sporadis
       terhadap  masalah  yang  dihadapi  perguruan  tinggi  daripada  upaya
       sistemik yang terintegrasi ke  dalam sistem perguruan tinggi.
        Salah  satu  cara  untuk  mengorganisasikan  beragam  upaya
        pengendalian  mutu  akademik  di  perguruan  tinggi  secara  sistemik
        adalah   melalui   pengembangan      wadah    yang    dapat
        mengakomodasikan  terjadinya  upaya  antisipatif  perguruan  tinggi
        terhadap  perkembangan  dan  berbagai  tantangan,  implementasi


                                                                235
   240   241   242   243   244   245   246   247   248   249   250