Page 238 - Cakrawala Pendidikan
P. 238
Nuraini Soleiman
pelayanan pada mahasiswa". Pada universitas konvensional, hal
ini dapat dilaksanakan oleh beberapa orang bahkan oleh satu
orang, namun pada lembaga pendidik.an jarak jauh kegiatan
tersebut dilakukan oleh unit-unit kerja dengan melibatkan banyak
orang. Keterkaitan fungsi unit-unit dalam suatu organisasi
pendidikan jarak jauh sangat erat dan saling bergantungan (Daniel
1996). Sehingga, organisasi lembaga pendidikan jarak jauh agak
berbeda dengan universitas konvensional. Keberadaan UPBJJ
dalam organisasi UT, merupakan salah satu contoh perbedaan i~i.
UPBJJ merupakan perwakilan UT di daerah dan sebagai
perpanjangan tangan UT di wilayahnya untuk menjangkau
mahasiswa. Gambar 7 memberikan ketersebaran UPBJJ UT di
seluruh Indonesia. Hubungan antara mahasiswa dan UPBJJ
sangat erat, karena mulai dari meregistrasikan matakuliah yang
dilakukannya pada setiap semester sampai dengan mendaftarkan
diri sebagai peserta wisuda, mahasiswa harus melakukannya
melalui UPBJJ. Sekalipun mahasiswa tidak perlu hadir secara
langsung di UPBJJ, namun setiap UPBJJ berkewajiban melayani
mahasiswanya. Untuk menunjang pelaksanaan tugas UPBJJ
beberapa kebijakan telah ditetapkan oleh pimpinan UT, sehingga
terjadi desentralisasi beberapa tugas UT Pusat. Penjualan formulir
registrasi di UPBJJ yang selama ini hanya dapat dilakukan di
kantor pas, penjualan bahan ajar cetak, serta registrasi matakuliah
adalah contoh dari kebijakan tersebut.
Dalam pelaksanaan ujian, penyiapan lokasi ujian, pengawas ujian,
serta pendistribusian bahan ujian yang sesuai dengan lokasi ujian
dilakukan oleh UPBJJ. Dengan demikian peran UPBJJ dalam
melaksanakan pelayanan pada mahasiswa sangat besar.
228