Page 252 - Cakrawala Pendidikan
P. 252

Approach   yang   dilakukan   pada   tahun   1991-1992,   yang
        menyatakan  perlunya  suatu  organisasi  yang  menangam  secara
        sistematik  upaya-upaya  peningkatan  kualitas  pembelajaran.
        Himbauan  yang  sama  juga  dilakukan  oleh  Dirbinsarak  DIKTI
        melalui  surat  edaran  no.  120/121  Januan  1995  tentang  perlunya
        1nis1aS1  dan  mas1ng-masing  inst1tus1  pendidikan  tinggi  untuk
        mewadah1  hal-hal  yang  berkaitan  dengan  upaya  pen1ngkatan
        kualitas  proses  pembelajaran,  salah  satunya  adalah  kegiatan  AA
        dan  PEKERTL  Keberadaan  wadah  tersebut  dipandang  sangat
        penting,  agar  pengendalian  mutu  akademik  di  perguruan  tinggi
        dapat diselenggarakan dengan terencana dan terpadu.
        Wadah  yang  dikembangkan  oleh  perguruan  tinggi  dapat  menjadi
        tempat  yang  mengakomodasikan  terjadinya  proses  pelaksanaan
        pengendalian  mutu  akademik  secara  berkesinambungan  dan
        terpadu  di  perguruan  tinggi.  Oleh  karena  itu,  fungsi  utama  wadah
        ini  adalah  sebagai  "academic  quality  control"  di  suatu  perguruan
        tinggi.   Selain  itu,  wadah  ini  juga  mengembangkan  beragam
        program  dan  aktivitas  yang  ditujukan  untuk  meningkatkan  mutu
        akademik  (fungsi  pengembangan),  memantau  dan  mengevaluas1
        beragam   program  dan    aktivitas   peningkatan   mutu   yang
        dilaksanakan  oleh  perguruan  tinggi  (fungsi  monitoring  dan
        evaluasi),  serta  memberikan  umpan  balik  baik  kepada  pelaksana
        program dan aktivitas peningkatan mutu,  maupun kepada pimpinan
        perguruan tinggi.

        Upaya Pengendalian Mutu Akademik di Universitas
        Terbuka - Sebuah Pemikiran
        Pengembangan  wadah  sebagai  upaya  pengendalian  mutu
        akademik di  perguruan  tinggi  terbuka  dan  jarak jauh  bukanlah  hal
        baru.  Misalnya  University  of the  Air  - Jepang  memiliki  National
        Institute  of  Multimedia  Education  yang  berfungsi  untuk  melakukan
        pengembangan,  penelitian,  pemantauan,  dan  evaluasi  terhadap
        sistem pembelajaran  multimedia yang  dilaksanakan oleh  University
        of the  Air,  dan  selanjutnya  memberi  masukan  terhadap  pimpinan
        perguruan tinggi  untuk pengambilan  keputusan  berkenaan  dengan
        mutu  akademik  perguruan  tinggi  tersebut.  Begitu  juga  TAFE
        Sydney dan University of South Pacific- Fiji yang memiliki Office of




        242
   247   248   249   250   251   252   253   254   255   256   257