Page 244 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 244
Pendidikan Jarak Jauh •
Indonesia (UPI), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas
Negeri Semarang (UNES), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ,
Universitas Negeri Malang (UNM), dan Universitas Negeri Padang
(UNP). Hubungan kemitraan dengan semua perguruan tinggi
tersebut, khususnya dalam merekrut calon penulis dan menyeleng-
garakan kegiatan pengembangan bahan ajar dan bahan ujian, FKIP-
UT mendapat dukungan operasional dari masing-masing UPBJJ
setempat. Kemitraan pemanfaatan kepakaran lainnya, yang kini
sudah dirintis, yakni mulai tahun 2005 adalah dalam pemeriksaan
ujian akhir semester uraian pada beberapa UPBJJ sentra.
Pemanfaatan kepakaran dari berbagai perguruan tinggi terkemuka
tersebut dimaksudkan untuk menjamin kualitas bahan ajar dan
bahan ujian agar memenuhi standar akademik dan pedagogik proses
pendidikan guru. Dengan demikian, secara programatik lulusan
FKIP-UT dapat menunjukkan kapasitas akademik dan kinerja
profesional yang sama dengan lulusan program pendidikan guru lain
di luar UT.
Pengelolaan kegiatan operasional pendidikan guru mencakup
pengelolaan produksi dan distribusi bahan ajar dan bahan ujian,
pengelolaan bantuan belajar, pengelolaan pelaksanaan ujian,
pengelolaan hasi I uj ian dan pemberian sertifikasi. Pengelolaan
produksi bahan ajar dilakukan melalui kegiatan penyiapan master
oleh PBAC dan penyiapan master dan penggandaan bahan ajar
noncetak oleh PBANC, penetapan tiras bahan ajar cetak dan
noncetak dan penetapan pencetakan bahan ajar cetak di Percetakan
UT atau Percetakan rekanan UT dan penetapan penggandaan bahan
ajar noncetak oleh PBANC. Pengelolaan bantuan belajar mencakup
penyiapan model dan perangkat tutorial tatap muka untuk
mahasiswa program D-11 dan Sarjana (51) PGSD dan D-11 PGTK,
serta tutorial online dan tutorial rancangan khusus (TTRMK) untuk
program pendidikan guru bidang studi SMP/SMNSMK. Kegiatan
pengelolaan lainnya adalah pemetaan kelompok belajar di seluruh
226