Page 244 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 244

Pendidikan Jarak  Jauh   •



       Indonesia  (UPI),  Universitas  Negeri  Yogyakarta  (UNY),  Universitas
       Negeri  Semarang  (UNES),  Universitas  Negeri  Surabaya  (UNESA)  ,
       Universitas  Negeri  Malang  (UNM),  dan  Universitas  Negeri  Padang
       (UNP).  Hubungan  kemitraan  dengan  semua  perguruan  tinggi
       tersebut,  khususnya  dalam  merekrut  calon  penulis  dan  menyeleng-
       garakan  kegiatan  pengembangan  bahan  ajar dan  bahan  ujian,  FKIP-
       UT  mendapat  dukungan  operasional  dari  masing-masing  UPBJJ
       setempat.  Kemitraan  pemanfaatan  kepakaran  lainnya,   yang  kini
       sudah  dirintis,  yakni  mulai  tahun  2005  adalah  dalam  pemeriksaan
       ujian  akhir  semester  uraian   pada   beberapa   UPBJJ   sentra.
       Pemanfaatan  kepakaran  dari  berbagai  perguruan  tinggi  terkemuka
       tersebut  dimaksudkan  untuk  menjamin  kualitas  bahan  ajar  dan
       bahan  ujian agar memenuhi standar akademik dan  pedagogik proses
       pendidikan  guru.  Dengan  demikian,  secara  programatik  lulusan
       FKIP-UT  dapat  menunjukkan  kapasitas  akademik  dan  kinerja
       profesional  yang sama  dengan  lulusan  program  pendidikan guru  lain
       di luar UT.
          Pengelolaan  kegiatan  operasional  pendidikan  guru  mencakup
       pengelolaan  produksi  dan  distribusi  bahan  ajar  dan  bahan  ujian,
       pengelolaan  bantuan  belajar,  pengelolaan  pelaksanaan  ujian,
       pengelolaan  hasi I  uj ian  dan  pemberian  sertifikasi.  Pengelolaan
       produksi  bahan  ajar  dilakukan  melalui  kegiatan  penyiapan  master
       oleh  PBAC  dan  penyiapan  master  dan  penggandaan  bahan  ajar
       noncetak  oleh  PBANC,  penetapan  tiras  bahan  ajar  cetak  dan
       noncetak  dan  penetapan  pencetakan  bahan  ajar cetak di  Percetakan
       UT atau  Percetakan  rekanan  UT dan  penetapan  penggandaan  bahan
       ajar  noncetak  oleh  PBANC.  Pengelolaan  bantuan  belajar mencakup
       penyiapan  model  dan  perangkat  tutorial  tatap  muka  untuk
       mahasiswa  program  D-11  dan  Sarjana  (51)  PGSD  dan  D-11  PGTK,
       serta  tutorial  online  dan  tutorial  rancangan  khusus  (TTRMK)  untuk
       program  pendidikan  guru  bidang  studi  SMP/SMNSMK.  Kegiatan
       pengelolaan  lainnya  adalah  pemetaan  kelompok  belajar di  seluruh


       226
   239   240   241   242   243   244   245   246   247   248   249