Page 248 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 248
Pendidikan ]arak ]auh •
• Fakultas Ekonomi
• Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik
• Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam
• Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
• Pusat Produksi Media Pendidikan, lnformatika dan
Pengolahan Data
• Pusat Pengolahan pengujian
• Unit Program Belajar Jarak Jauh.
Jika dilihat dari latar belakangnya, UT didirikan untuk menjawab
dua masalah besar dalam dunia pendidikan, yakni rendahnya mutu
guru dan terbatasnya daya tampung pendidikan tinggi. Seperti
diangkat oleh Wahyono (2004:1 003) "Pada akhir dasawarsa tahun
1970-an banyak guru SLTP dan SLTA yang dididik secara darurat
dalam bentuk program singkat, sehingga belum memenuhi standar
kemampuan yang disyaratkan untuk mengajar di sekolah-sekolah
pada tingkat pendidikan tersebut. Upaya untuk meningkatkan
pendidikan guru (D-11 untuk SLTP dan 51 untuk SLTA) setelah
mereka bekerja ternyata tidak mudah karena adanya kendala biaya
dan waktu". Dari argumentasi tersebut jelas sekali bahwa pendirian
FKIP sebagai lembaga pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan
dalam lingkungan UT dilakukan karena adanya kebutuhan objektif
yang mendesak untuk meningkatkan kualifikasi dan mutu guru serta
adanya komitmen nasional dan kemauan politik untuk mengatasi-
nya sebagai bagian integral dari upaya mencerdaskan kehidupan
bangsa. Oleh karena itu, dapat dipahami mengapa gagasan
pendirian UT, yang di dalamnya ada FKIP, mulai dari tahap
embrional-gagasan sampai dengan dibukanya UT pada tanggal 4
September 1984 berada dalam lingkungan Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan yang pada saat itu di bawah pimpinan Prof. Dr.
Nugroho Notosusanto sebagai Mendikbud dengan pelaksana
perintisan oleh tim yang dipimpin oleh Prof. Dr. Setijadi, yang
230