Page 250 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 250
Pendidikan )arak )auh •
ketentuan itu, titik berat akreditasi tersebut terletak pada penentuan
kelayakan program. Jika dijabarkan lebih jauh, kelayakan tersebut
secara konseptual mencakup kelayakan yang merujuk pada standar
nasional pendidikan, yakni memenuhi standar isi, proses,
kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan
prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan
(Pasal 2 ayat (1) PP-SNP 2005). Bagi UT, yang mempunyai Visi
menjadi salah satu PTJJ unggulan di Asia tahun 2010 dan PTJJ
unggulan di dunia tahun 2020, upaya untuk meningkatkan
kelayakan program sebagaimana tersurat dan tersirat dalam Pasal 2
ayat (1) PP-SNP 2005 tersebut bukanlah suatu orientasi baru karena
selama ini UT, termasuk untuk program pendidikan guru yang
dikelolanya peningkatan kelayakan program selalu dilakukan secara
terus menerus. Khusus dalam pengembangan bahan ajar dan bahan
ujian serta pengelolaan ujian, pada tahun 2005 UT telah
memperoleh Akreditasi lnternasional dari International Council of
Distance Education (ICDE) dan pada saat ini UT sedang menyiapkan
diri untuk mendapatkan ISO 9001 dalam pengelolaan layanan
distribusi bahan ajar dan bahan ujian. Secara idiil-substantif upaya
tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan
tinggi jarak j;;wh yang diselenggarakan oleh UT, termasuk
penyelenggaraan program pendidikan tinggi untuk para pendidik
dan tenaga kependidikan. 0
232