Page 250 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 250

Pendidikan )arak )auh   •



       ketentuan  itu,  titik  berat akreditasi  tersebut  terletak  pada  penentuan
       kelayakan  program.  Jika  dijabarkan  lebih  jauh,  kelayakan  tersebut
       secara  konseptual  mencakup  kelayakan  yang  merujuk  pada  standar
       nasional   pendidikan,  yakni   memenuhi  standar  isi,   proses,
       kompetensi lulusan,  pendidik dan  tenaga  kependidikan,  sarana  dan
       prasarana,  pengelolaan,  pembiayaan,  dan  penilaian  pendidikan
       (Pasal  2  ayat  (1)  PP-SNP  2005).  Bagi  UT,  yang  mempunyai  Visi
       menjadi  salah  satu  PTJJ  unggulan  di  Asia  tahun  2010  dan  PTJJ
       unggulan  di  dunia  tahun  2020,  upaya  untuk  meningkatkan
       kelayakan  program  sebagaimana  tersurat  dan  tersirat  dalam  Pasal  2
       ayat  (1)  PP-SNP  2005  tersebut  bukanlah  suatu  orientasi  baru  karena
       selama  ini  UT,  termasuk  untuk  program  pendidikan  guru  yang
       dikelolanya  peningkatan  kelayakan  program  selalu  dilakukan  secara
       terus  menerus.  Khusus  dalam  pengembangan  bahan  ajar dan  bahan
       ujian  serta  pengelolaan  ujian,  pada  tahun  2005  UT  telah
       memperoleh  Akreditasi  lnternasional  dari  International  Council  of
       Distance Education (ICDE)  dan  pada  saat  ini  UT sedang  menyiapkan
       diri  untuk  mendapatkan  ISO  9001  dalam  pengelolaan  layanan
       distribusi  bahan  ajar  dan  bahan  ujian.  Secara  idiil-substantif upaya
       tersebut  dilakukan  dalam  rangka  meningkatkan  mutu  pendidikan
       tinggi  jarak  j;;wh  yang  diselenggarakan  oleh  UT,  termasuk
       penyelenggaraan  program  pendidikan  tinggi  untuk  para  pendidik
       dan  tenaga kependidikan.  0


















       232
   245   246   247   248   249   250   251   252   253   254   255