Page 240 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 240
Pendidikan ]arak ]auh •
Sedangkan prasarana publik lainnya, seperti Gedung Pertemuan
digunakan dalam acara Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) dan
Upacara Penyerahan ljazah (UPI).
F. Pengelolaan, Pendanaan, dan Pengawasan
Jika dilihat secara umum, keseluruhan pengelolaan, pendanaan,
dan pengawasan pendidikan guru di UT merupakan bagian integral
dari sistem pengelolaan, pendanaan, dan pengawasan pendidikan
UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh modus tunggal. Secara
substantif-akademik dan programatik-kurikuler pendi-dikan guru di
UT berada di dalam lingkungan dan merupakan tanggung jawab
FKIP, namun secara institusional-manajerial berada di dalam konteks
sistem manajemen UT. Hal ini terjadi, karena FKIP merupakan salah
satu fakultas di lingkungan universitas dan sebagai implikasi logis
dari karakter manajemen PTJJ modus tunggal. Hal itu pula yang
membedakan pengelolaan, pendanaan, dan pengawasan dalam
konteks penyelenggaraan pendidikan guru di UT dengah
penyelenggaraan pendidikan guru tatap muka di IKIP dan STKIP
dahulu. Oleh karena itu, sistem pengelolaan, pendanaan, dan
pengawasan pendidikan guru yang diterapkan di UT sejak berdiri
tahun 1984 sampai dengan saat ini, menerapkan sistem
pengelolaan, pendanaan, dan pengawasan yang khas/unik.
Keunikan itu tumbuh karena secara fundamental-sistemik
pendidikan jarak jauh (PJJ) merupakan suatu sistem yang memiliki
subsistem: siswa dan kegiatan instruksional, pengembangan bahan
ajar, reproduksi bahan ajar, distribusi bahan ajar, media komunikasi,
pengujian, logistik, dan jaminan kualitas. Masing-masing subsistem
itu mempunyai fungsi khusus yang diwadahi oleh lembaga khusus,
tetapi bergerak dalam konteks sistemik, sinergis dan utuh serta
bersifat nasional (Suparman dan Zuhairi, 2004:225-231 ). Oleh
222