Page 239 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 239
• Pendidikan Guru ]arak ]auh (Kasus FKIP Universitas Terbuka)
UJian serta prasarana publik lainnya. Kantor Pos dari PT Pos
Indonesia didayagunakan dalam regsistrasi calon mahasiswa dan
mahasiswa serta pengiriman bahan belajar dan bahan ujian beserta
seluruh kelengkapannya. Kantor BRI didayagunakan dalam
pelaksanaan registrasi calon mahasiswa dan mahasiswa. Warnet
didayagunakan dalam pelayanan tutorial online dan komunikasi
maya lainnya antara mahasiswa dengan Kantor Pusat UT, seperti
mengecek hasil ujian. Perpustakaan Wilayah/Daerah dan Perpusta-
kaan PTN Pembina didayagunakan oleh mahasiswa dalam
memperkaya pengalaman belajarnya melalui studi kepustakaan yang
berhubungan dengan modul sebagai bahan belajar utama.
Laboratorium PTN Pembina didayagunakan dalam praktikum
mahasiswa untuk mata kuliah IPA. Gedung dan/atau Laboratorium
Sekolah negeri/swasta d idayagunakan dalam praktikum I PA,
pemantapan kemampuan mengajar (PKM), ujian PKM, dan tutorial
tatap muka.
Untuk keperluan pelaksanaan PKM D-11 PGSD/D-11 Guru
Penjaskes SD, sekolah-sekolah (SO) tempat para mahasiswa FKIP-UT
bekerja secara operasional digunakan sebagai tempat masing-masing
mahasiswa melakukan PKM di bawah bimbingan supervisor PKM
dan kepala sekolah. Sedang untuk ujian PKM digunakan sekolah-
sekolah, yang oleh UPBJJ-UT setempat sebagai penanggung jawab
ujian PKM, dianggap cukup memadai untuk tempat Ujian PKM.
Selain itu, untuk keperluan praktikum IPA bagi mahasiswa Diploma
Ill IPA, digunakan Laboratorium SMP/SMA tertentu atau Lab IPA di
LPTKIPTN Pembina setempat atas dasar kemitraan. FKIP juga sudah
merintis Klinik Pembelajaran bagi para guru/mahasiswa sebagai
wahana dan sarana untuk membantu para guru meningkatkan
kualitas kinerjanya secara profesional sebagai guru.
221