Page 239 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 239

•   Pendidikan Guru ]arak ]auh  (Kasus  FKIP Universitas Terbuka)


           UJian  serta  prasarana  publik  lainnya.  Kantor  Pos  dari  PT  Pos
           Indonesia  didayagunakan  dalam  regsistrasi  calon  mahasiswa  dan
           mahasiswa  serta  pengiriman  bahan  belajar dan  bahan  ujian  beserta
           seluruh   kelengkapannya.   Kantor   BRI   didayagunakan   dalam
           pelaksanaan  registrasi  calon  mahasiswa  dan  mahasiswa.  Warnet
           didayagunakan  dalam  pelayanan  tutorial  online  dan  komunikasi
           maya  lainnya  antara  mahasiswa  dengan  Kantor  Pusat  UT,  seperti
           mengecek  hasil  ujian.  Perpustakaan  Wilayah/Daerah  dan  Perpusta-
           kaan   PTN   Pembina  didayagunakan  oleh  mahasiswa  dalam
           memperkaya pengalaman belajarnya melalui studi  kepustakaan yang
           berhubungan  dengan  modul  sebagai   bahan   belajar  utama.
           Laboratorium  PTN  Pembina  didayagunakan  dalam  praktikum
           mahasiswa  untuk  mata  kuliah  IPA.  Gedung dan/atau  Laboratorium
           Sekolah   negeri/swasta  d idayagunakan  dalam  praktikum  I  PA,
           pemantapan  kemampuan  mengajar  (PKM),  ujian  PKM,  dan  tutorial
           tatap muka.
              Untuk  keperluan  pelaksanaan  PKM  D-11  PGSD/D-11  Guru
           Penjaskes  SD,  sekolah-sekolah  (SO)  tempat para  mahasiswa FKIP-UT
           bekerja secara operasional  digunakan sebagai tempat masing-masing
           mahasiswa  melakukan  PKM  di  bawah  bimbingan  supervisor  PKM
           dan  kepala  sekolah.  Sedang  untuk  ujian  PKM  digunakan  sekolah-
           sekolah,  yang  oleh  UPBJJ-UT  setempat  sebagai  penanggung  jawab
           ujian  PKM,  dianggap  cukup  memadai  untuk  tempat  Ujian  PKM.
           Selain  itu,  untuk keperluan  praktikum  IPA  bagi  mahasiswa  Diploma
           Ill  IPA,  digunakan  Laboratorium  SMP/SMA  tertentu  atau  Lab  IPA  di
           LPTKIPTN  Pembina  setempat atas  dasar  kemitraan.  FKIP  juga  sudah
           merintis  Klinik  Pembelajaran  bagi  para  guru/mahasiswa  sebagai
           wahana  dan  sarana  untuk  membantu  para  guru  meningkatkan
           kualitas kinerjanya secara profesional  sebagai  guru.








                                                                  221
   234   235   236   237   238   239   240   241   242   243   244