Page 98 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 98

d.  Periode Tahun 2000- 2006

                                                 Mulai  masa  registrasi  2002.1  (02.1),  UT  menyempurnakan
                                             kurikulum  bagi  mahasiswa  UT  program  reguler  yang  disebut

                                             Kurikulum  Tahun  2002.  Dengan  demikian,  perubahan  kuri-
                                             kulum  terjadi  hanya  dalam  kurun  waktu  dua  tahun.  Penyem-

                                             purnaan  tersebut  berupa  perampingan  kurikulum,  sehingga
                                             beban  studi  setiap  program  studi  ada  pada  batas  minimal  yang

                                             dipersyaratkan.  Jika  sebelumnya  beban  studi  program  sarjana
                                             ada  yang  mencapai  160  sks,  maka  mulai  tahun  2002,  beban

                                             studi  tersebut  menjadi  144  sks,  yaitu  beban  studi  minimal  yang
                                             dipersyaratkan  bagi  program  sarjana.  Demikian  pula  beban

                                             studi  untuk  Program  D-III  menjadi  110  sks,  dan  Diploma  II  80
                                             sks.  Sejalan  dengan  kebijakan  tersebut,  maka  mata  kuliah

                                             pilihan  tidak  ada  lagi.  Hal  ini  dilakukan  untuk  menghindari
                                             beragamnya  permintaan  bahan  ajar.  Memang  dalam  pendidikan

                                             jarak jauh, kurikulum akan membawa dampak yang sangat besar
                                             bagi pengembangan dan penyediaan bahan ajar.

                                                 Perubahan  penting  lain  yang  terjadi  adalah  mulai  diberlaku-
                                             kannya  pendekatan  kompetensi  dalam  pengembangan  kuri-

                                             kulum,  yang  kemudian  dikenal  dengan  Kurikulum  Berbasis
                                             Kompetensi  (KBK).  Sebagai  salah  satu  perguruan  tinggi  negeri,

                                             UT  pun  mencoba  menerapkan  pendekatan  tersebut.  Berbagai
                                             pertemuan,  baik  berupa  seminar,  rapat-rapat  jurusan  dan

                                             fakultas  diselenggarakan  untuk  menyosialisasikan  konsep  KBK
                                             dan  kemudian  menerapkannya  dalam  revisi  kurikulum.  Namun,

                                             secara  lebih  intensif,  penerapan  tersebut  baru  berlangsung
                                             mulai  tahun  2003.  Secara  dokumenter,  salah  satu  wujud  nyata

                                             dari  perubahan  tersebut  terdapat  dalam  pengelompokan  mata
                                             kuliah.  Sejalan  dengan  itu,  dalam  Kurikulum  UT  2002,



                                                                                                                     75
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103