Page 99 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 99

pengelompokan  mata  kuliah  mengikuti  pengelompokan    yang

                                             bersumber  dari  empat  pilar  Unesco,  sebagaimana  yang  terdapat
                                             dalam SK  Mendiknas No. 232/U/2000, yaitu sebagai berikut.

                                             ·  Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).
                                             ·  Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK)
                                             ·  Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
                                             ·  Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
                                             ·  Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

                                             ·  Ujian Komprehensif Tertulis (UKT)


                                                 Pengelompokan  seperti  itu  sebenarnya  kurang  tepat  karena
                                             semua  mata  kuliah  semestinya  menyumbang  kepada  terbentuk-

                                             nya kepribadian dan kemampuan untuk hidup bersama. Namun,
                                             pengelompokan  itu  tetap  digunakan  bahkan  sampai  dengan

                                             tahun 2006, kecuali FKIP yang sudah mengubah pengelompokan
                                             mata  kuliahnya.  Pada  tahun  2004  terjadi  lagi  perubahan  dalam

                                             pengelompokan  mata  kuliah,  yaitu  diubahnya  Ujian  Kompre-
                                             hensif  Tertulis  (UKT)  menjadi  Tugas  Akhir  Program  (TAP).

                                             Perubahan ini sangat mendasar karena mahasiswa menulis tugas
                                             akhir  melalui  bimbingan  TAP  serta  menempuh  ujian  akhir

                                             program    yang  menuntut  mahasiswa  mampu  menganalisis  dan
                                             mengembangkan         berbagai     alternatif   pemecahan       berbagai

                                             masalah  dalam  bidang  masing-masing  yang  dikemas  dalam
                                             bentuk  kasus.  Selanjutnya  pada  tahun  2006,  FKIP  menerapkan

                                             KBK  dengan  cara  membuat  pengelompokan  mata  kuliah  yang
                                             sesuai kompetensi yang didukung, yaitu sebagai berikut.

                                             ·  Mata Kuliah Kepribadian dan Keprofesionalan (MKPP)
                                             ·  Mata Kuliah Bidang Ilmu (MKBI)
                                             ·  Mata Kuliah Kependidikan dan Keguruan (MKKK)
                                             ·  Tugas Akhir Program



                                             76
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104