Page 99 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 99
pengelompokan mata kuliah mengikuti pengelompokan yang
bersumber dari empat pilar Unesco, sebagaimana yang terdapat
dalam SK Mendiknas No. 232/U/2000, yaitu sebagai berikut.
· Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).
· Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK)
· Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)
· Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)
· Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
· Ujian Komprehensif Tertulis (UKT)
Pengelompokan seperti itu sebenarnya kurang tepat karena
semua mata kuliah semestinya menyumbang kepada terbentuk-
nya kepribadian dan kemampuan untuk hidup bersama. Namun,
pengelompokan itu tetap digunakan bahkan sampai dengan
tahun 2006, kecuali FKIP yang sudah mengubah pengelompokan
mata kuliahnya. Pada tahun 2004 terjadi lagi perubahan dalam
pengelompokan mata kuliah, yaitu diubahnya Ujian Kompre-
hensif Tertulis (UKT) menjadi Tugas Akhir Program (TAP).
Perubahan ini sangat mendasar karena mahasiswa menulis tugas
akhir melalui bimbingan TAP serta menempuh ujian akhir
program yang menuntut mahasiswa mampu menganalisis dan
mengembangkan berbagai alternatif pemecahan berbagai
masalah dalam bidang masing-masing yang dikemas dalam
bentuk kasus. Selanjutnya pada tahun 2006, FKIP menerapkan
KBK dengan cara membuat pengelompokan mata kuliah yang
sesuai kompetensi yang didukung, yaitu sebagai berikut.
· Mata Kuliah Kepribadian dan Keprofesionalan (MKPP)
· Mata Kuliah Bidang Ilmu (MKBI)
· Mata Kuliah Kependidikan dan Keguruan (MKKK)
· Tugas Akhir Program
76