Page 100 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 100

Pada  tahun  2004-2005  juga  dilakukan  reanalisis  kurikulum

                                             untuk  semua  program  studi.  Sejalan  dengan  proses  ini,
                                             dokumen  kurikulum  per  program  studi  menjadi  lebih  lengkap

                                             dengan  dimasukkannya  pedoman  umum  pembelajaran  dan
                                             evaluasi  ke  dalam  dokumen,  serta  deskripsi  mata  kuliah  yang

                                             disesuaikan  dengan  ciri  KBK.  Sebagai  tindak  lanjut  dari  re-
                                             analisis  kurikulum,  setiap  program  studi  menyusun  ulang

                                             naskah  akademik  sesuai  dengan  perubahan  kurikulum  yang
                                             dilakukannya.

                                                 Sebagai  penutup,  berikut  ini  disajikan    sebaran  bobot  sks
                                             untuk  setiap  kelompok  mata  kuliah,  baik  berupa  pengelom-

                                             pokan berdasarkan karakteristik mata kuliah maupun pengelom-
                                             pokan  berdasarkan  statusnya.  Bobot  ini  bervariasi    antara  satu

                                             program studi dengan program studi yang lain. Oleh karena itu,
                                             sebaran  bobot  sks  pada  kurikulum  yang  berlaku  antara  tahun

                                             1990-2001 disajikan pada tabel dalam lampiran 5.
                                                 Dari  Tabel  2    pada  lampiran  5,  dapat  dilihat  bahwa  sebaran

                                             bobot  sks  untuk  setiap  kelompok  mata  kuliah    program
                                             kependidikan mempunyai proporsi yang tetap, MKDU mendapat

                                             porsi  terkecil,  diikuti  oleh  MKDK,  dan  bobot  tertinggi  MKK.
                                             Sementara  itu,  untuk  program  nonkependidikan,  sebaran  ini

                                             berbeda  karena  kelompok  mata  kuliah  bertambah.  Namun
                                             demikian,  porsi  terbesar  tetap  MKK.  Di  samping  sebaran  bobot

                                             sks menurut kelompok mata kuliah, pada masa ini terdapat pula
                                             sebaran  mata  kuliah  berdasarkan  status  mata  kuliah  untuk

                                             program  nonkependidikan,  seperti  yang  terdapat  pada  Tabel  1
                                             dan 3 dalam lampiran 5. Kondisi seperti ini berlangsung sampai

                                             tahun 2001 karena pada tahun 2002 pengelompokan mata kuliah
                                             berbeda dan bobotnya pun berbeda pula.



                                                                                                                     77
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105