Page 103 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 103

semakin  banyak  pula  mata  kuliah  yang  harus  siap  untuk

                                             ditawarkan.
                                                 Pada  awal  berdirinya,  UT  menawarkan  empat  program  studi

                                             sarjana  yang  diselenggarakan  oleh  tiga  fakultas.  Untuk  sebuah
                                             program sarjana yang berbobot 144-160 sks, jumlah mata kuliah

                                             berkisar  antara  50-60  buah,  jika  diasumsikan  bahwa  bobot  sks
                                             sebuah  mata  kuliah  berkisar  antara  2-4  sks.  Secara  matematis,

                                             jumlah  mata  kuliah  untuk  empat  program  sarjana  berkisar
                                             antara  200–240  buah.  Namun  kenyataannya,  mata  kuliah

                                             tertentu  terutama  MKDU  dapat  dipakai  bersama-sama,  sehingga
                                             universitas  cukup  menyediakan  satu  perangkat  MKDU  bagi

                                             seluruh  program  studi  di  universitas.  Di  samping  itu,  mata
                                             kuliah  dasar  keahlian  (MKDK)  dari  berbagai    program  studi

                                             dalam  satu  fakultas  pada  dasarnya  juga  sama,  demikian  pula
                                             mata  kuliah  dari  jenjang  yang  berbeda  dengan  disiplin  ilmu

                                             yang sama akan tumpang tindih. Misalnya, mata kuliah Program
                                             S-1  PGSD  akan  banyak  yang  sama  dengan  mata  kuliah  program

                                             D-II  PGSD.  Kenyataan  ini  akan  membuat  jumlah  mata  kuliah
                                             tidak  sebanyak  hitungan  matematis  yang  mengalikan  jumlah

                                             program studi  dengan  jumlah mata kuliah dalam satu program
                                             studi.

                                                 Di  samping    hal-hal  yang  dapat  mengurangi  jumlah  mata
                                             kuliah  seperti  yang  diuraikan  di  atas,  terdapat  upaya    menekan

                                             jumlah mata kuliah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
                                             dengan  mengembangkan  mata  kuliah  bersama.  Upaya  ini  telah

                                             dilakukan  sejak  tahun  2001  dan  pada  tahun  2004  telah  berhasil
                                             dikembangkan  delapan  mata  kuliah  bersama,  yaitu  mata  kuliah

                                             yang  dipakai  bersama-sama  oleh  beberapa  program  studi,  baik





                                             80
   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108