Page 101 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 101

Pada  tahun  2002,  terjadi  perubahan  pengelompokan  mata

                                             kuliah  sebagaimana  yang  sudah  diuraikan  di  depan.  Dengan
                                             berubahnya  pengelompokan  ini,  sebaran  bobot  sks  pun

                                             berubah. Pada lampiran 5 (Tabel 4) menampilkan sebaran bobot
                                             sks  untuk  setiap  kelompok  mata  kuliah    pada  program  sarjana

                                             dan  diploma  dari  setiap  fakultas.  Kondisi  ini  bertahan  sampai
                                             2006,  kecuali  bagi  FKIP  yang  menyesuaikan  kembali  pengelom-

                                             pokan mata kuliahnya dengan pendekatan kompetensi.
                                                 Pengelompokan  mata  kuliah    yang  didasarkan  pada  empat

                                             pilar  Unesco,  yang  kemudian  diuraikan  menjadi  kelompok  :
                                             MPK,  MKK,  MKB,  MPB,  dan  MBB  dianggap  kurang  sesuai

                                             sebagai  satu  pengelompokan.  Oleh  karena  itu,  FKIP  berupaya
                                             membuat  pengelompokan  baru  berdasarkan  dukungan  mata

                                             kuliah  pada  pencapaian  kompetensi.  Upaya  ini  menghasilkan
                                             pengelompokan  baru  yang  diberlakukan  sejak  tahun  2006

                                             dengan  sebaran  sks  yang  baru,  seperti  yang  tampak  pada
                                             lampiran 5 (Tabel 5).

                                                 Di  samping  sebaran  bobot  sks  yang  telah  disajikan  pada
                                             Tabel  5  sampai  dengan  Tabel  7  (lampiran  5),  terdapat  sebaran

                                             bobot  sks  yang  mengombinasikan  antara  kelompok  mata  kuliah
                                             dengan  status  mata  kuliah.  Sebaran  seperti  ini  terdapat  di  tiga

                                             fakultas,  seperti  yang  disajikan  pada  lampiran  5  (Tabel  1,  2,  3,
                                             dan 4).

                                                 Dari  uraian  dan  tabel-tabel  yang  telah  disajikan  dapat
                                             disimpulkan bahwa kurikulum program studi di UT berkembang

                                             terus  mengikuti  berbagai  perubahan  yang  terjadi,  baik
                                             perubahan  yang  bersifat  kebijakan  dalam  pengembangan

                                             kurikulum  maupun  perubahan  kebutuhan  yang  timbul  di
                                             masyarakat.  Dokumen  Kurikulum  Program  Studi  di  UT  semakin



                                             78
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106