Page 96 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 96

waktu  yang  bersamaan,  maka  kurikulumnya  pun  dikembangkan

                                             bersama-sama. Salah satu ciri penting dalam Kurikulum Program
                                             Penyetaraan  D-II  PGSD  adalah  diakuinya  tahun  pengalaman

                                             mengajar  para  guru  dalam  bentuk  pembebasan  mata  kuliah
                                             tertentu,  yang  merentang  mulai  dari  pengalaman  mengajar  4-8

                                             tahun,  9-12  tahun,  dan  lebih  dari  12  tahun.  Sesuai  dengan
                                             jumlah  tahun  pengalaman  mengajar,  beban  studi  mahasiswa

                                             berkurang.
                                                 Wajah  kurikulum  pada  periode  ini  tidak  banyak  yang

                                             berubah,  kecuali  makin  banyaknya  mata  kuliah  pilihan,  yang
                                             seiring  dengan  bervariasinya  beban  studi  mulai  dari  batas

                                             minimal  sampai  batas  maksimal  (misalnya  untuk  program
                                             sarjana    berkisar  antara  144-160  sks).  Pada  tahun  ini  di  tingkat

                                             nasional  mulai  diperkenalkan  pendekatan  kurikulum  inti,  yang
                                             pengembangannya  mulai  dengan  pengembangan  kemampuan

                                             lulusan,  kemudian  diikuti  dengan  identifikasi  topik-topik
                                             esensial  yang  mendukung  tercapainya  kemampuan.  Sehubungan

                                             dengan  ini,  kurikulum  dibedakan  menjadi  kurikulum  inti  dan
                                             kurikulum  lokal,  namun,  secara  mendasar  perubahan  ini  belum

                                             terjadi dalam kurikulum UT.


                                             c.  Periode Tahun 1995-2000
                                                 Pada  periode  ini  terjadi  perubahan  penting,  seperti  diting-

                                             katkannya  kriteria  kelulusan  Program  Diploma  dari  IPK  1,75
                                             menjadi  2.00,  sesuai  dengan  ketetapan  dari  Direktorat  Jenderal

                                             Pendidikan  Tinggi.  Perubahan  penting  lain  yang  terjadi  adalah
                                             mulai  diterapkannya  pendekatan  kurikulum  inti  dalam  pengem-

                                             bangan  kurikulum,  yang  menghasilkan  kurikulum  inti  dan
                                             kurikulum lokal. Di samping itu, Kurikulum Program D-II PGSD,



                                                                                                                     73
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101