Page 96 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 96
waktu yang bersamaan, maka kurikulumnya pun dikembangkan
bersama-sama. Salah satu ciri penting dalam Kurikulum Program
Penyetaraan D-II PGSD adalah diakuinya tahun pengalaman
mengajar para guru dalam bentuk pembebasan mata kuliah
tertentu, yang merentang mulai dari pengalaman mengajar 4-8
tahun, 9-12 tahun, dan lebih dari 12 tahun. Sesuai dengan
jumlah tahun pengalaman mengajar, beban studi mahasiswa
berkurang.
Wajah kurikulum pada periode ini tidak banyak yang
berubah, kecuali makin banyaknya mata kuliah pilihan, yang
seiring dengan bervariasinya beban studi mulai dari batas
minimal sampai batas maksimal (misalnya untuk program
sarjana berkisar antara 144-160 sks). Pada tahun ini di tingkat
nasional mulai diperkenalkan pendekatan kurikulum inti, yang
pengembangannya mulai dengan pengembangan kemampuan
lulusan, kemudian diikuti dengan identifikasi topik-topik
esensial yang mendukung tercapainya kemampuan. Sehubungan
dengan ini, kurikulum dibedakan menjadi kurikulum inti dan
kurikulum lokal, namun, secara mendasar perubahan ini belum
terjadi dalam kurikulum UT.
c. Periode Tahun 1995-2000
Pada periode ini terjadi perubahan penting, seperti diting-
katkannya kriteria kelulusan Program Diploma dari IPK 1,75
menjadi 2.00, sesuai dengan ketetapan dari Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi. Perubahan penting lain yang terjadi adalah
mulai diterapkannya pendekatan kurikulum inti dalam pengem-
bangan kurikulum, yang menghasilkan kurikulum inti dan
kurikulum lokal. Di samping itu, Kurikulum Program D-II PGSD,
73