Page 93 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 93

Secara  rinci,  perkembangan  program  studi  di  Fakultas  Ilmu

                                             Sosial dan Ilmu Politik dapat dilihat pada lampiran 4 (Tabel 4)
                                                 Dari uraian dan tabel-tabel pada lampiran dapat disimpulkan

                                             bahwa  pengembangan  program  studi  memang  tidak  sama  pada
                                             empat  fakultas  di  UT.  Pada  kurun  waktu  tertentu  ada  program

                                             studi  yang  dibuka  dan  ada  pula  yang  ditutup.  Penutupan
                                             program  studi  terbesar  terjadi  antara  tahun  2002  -2004  dengan

                                             13  program  studi  yang  ditutup  dari  tiga  fakultas,  yaitu  lima
                                             program  studi  dari  FISIP,  tujuh  program  studi  dari  FKIP,  dan

                                             satu program studi dari FEKON (Universitas Terbuka, 2005).


                                             Perkembangan Kurikulum


                                                 Kurikulum  dapat  didefinisikan  dengan  berbagai    cara.  Ada
                                             yang  mendefinisikan  kurikulum  sebagai  daftar  mata  kuliah

                                             dalam  satu  program  studi,  ada  pula  yang  mendefinisikannya
                                             sebagai    seperangkat      materi    yang     akan    diajarkan,    atau

                                             seperangkat  pengalaman  belajar  yang  disiapkan  bagi  siswa.
                                             Dalam  UU  No.  20  Tahun  2003,    tentang  Sistem  Pendidikan

                                             Nasional  (Sisdiknas),  kurikulum  didefinisikan  sebagai:  ”sepe-
                                             rangkat  rencana  dan  pengaturan  mengenai  tujuan,  isi,  dan

                                             bahan  pelajaran  serta  cara  yang  digunakan  sebagai  pedoman
                                             kegiatan  pembelajaran  untuk  mencapai  tujuan  pendidikan

                                             tertentu”  (Pasal  1,  Butir  19).  Definisi  kurikulum  seperti  inilah
                                             yang digunakan dalam tulisan ini.

                                                 Bagi  sebuah  lembaga  pendidikan,  kurikulum  merupakan
                                             sumber  utama  yang  menentukan  tujuan  dan  arah  penyeleng-

                                             garaan  program  studi.  Terlepas  dari  berbagai  definisi  lain
                                             tentang  kurikulum,  setiap  program  pendidikan  akan  selalu




                                             70
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98