Page 93 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 93
Secara rinci, perkembangan program studi di Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik dapat dilihat pada lampiran 4 (Tabel 4)
Dari uraian dan tabel-tabel pada lampiran dapat disimpulkan
bahwa pengembangan program studi memang tidak sama pada
empat fakultas di UT. Pada kurun waktu tertentu ada program
studi yang dibuka dan ada pula yang ditutup. Penutupan
program studi terbesar terjadi antara tahun 2002 -2004 dengan
13 program studi yang ditutup dari tiga fakultas, yaitu lima
program studi dari FISIP, tujuh program studi dari FKIP, dan
satu program studi dari FEKON (Universitas Terbuka, 2005).
Perkembangan Kurikulum
Kurikulum dapat didefinisikan dengan berbagai cara. Ada
yang mendefinisikan kurikulum sebagai daftar mata kuliah
dalam satu program studi, ada pula yang mendefinisikannya
sebagai seperangkat materi yang akan diajarkan, atau
seperangkat pengalaman belajar yang disiapkan bagi siswa.
Dalam UU No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan
Nasional (Sisdiknas), kurikulum didefinisikan sebagai: ”sepe-
rangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan
bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu” (Pasal 1, Butir 19). Definisi kurikulum seperti inilah
yang digunakan dalam tulisan ini.
Bagi sebuah lembaga pendidikan, kurikulum merupakan
sumber utama yang menentukan tujuan dan arah penyeleng-
garaan program studi. Terlepas dari berbagai definisi lain
tentang kurikulum, setiap program pendidikan akan selalu
70