Page 88 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 88
c. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Perkembangan program studi yang paling pesat terjadi pada
FKIP karena tugas fakultas ini me-
mang untuk menyediakan pendidikan
dalam jabatan bagi para guru yang
sedang bertugas di lapangan. Berawal
dari empat program sarjana kepen-
didikan dan beberapa program diplo-
ma kependidikan, fakultas ini kemu-
dian dipercaya mengembangkan Prog-
ram Akta Mengajar, mula-mula Akta
Mengajar V untuk para dosen, kemu-
dian Program Akta Mengajar IV untuk
para guru, yang selanjutnya sejak
tahun 2000 disebut sebagai program
Bahan ajar cetak Fakultas Keguruan Akta Mengajar saja. Akta mengajar ini diberikan secara
dan Ilmu Pendidikan
terintegrasi dengan jenjang pendidikan yang diselesaikan.
Misalnya, jika seorang mahasiswa lulus Sarjana Kependidikan,
maka secara otomatis dia akan mendapat Akta Mengajar IV,
sedangkan jika dia lulus D-III Kependidikan, dia akan
memperoleh Akta Mengajar III, demikian seterusnya.
Perkembangan yang merupakan tonggak sejarah bagi FKIP-
UT terjadi pada tahun 1990, ketika UT diberi kepercayaan untuk
menyelenggarakan Program Penyetaraan D-II Pendidikan Guru
SD (D-II PGSD Guru Kelas), sebagai salah satu realisasi dari SK
Mendikbud No. 0854/U/1989 yang mempersyaratkan kualifikasi
minimal guru SD menjadi Diploma II. Setahun setelah itu,
dibuka pula Program Penyetaraan D-II Guru SD Pendidikan
Jasmani dan Kesehatan (D-II Penjaskes) untuk memenuhi
65