Page 84 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 84
program studi mempunyai kaitan erat dengan kebutuhan
masyarakat, sebagaimana yang sudah diungkapkan di atas.
Penugasan seperti itu, misalnya: (1) pelimpahan pengelolaan
Program D-I dan D-II Pendidikan Guru Sekolah Menengah, (2)
pelimpahan pengelolaan Program Akta Mengajar V, (3) penu-
gasan penyelenggaraan Program Penyetaraan D-II PGSD pada
tahun 1990, (4) penugasan pembukaan Program Sertifikat
Terakreditasi untuk Guru SMP Kecil/SMP Terbuka, dan (5)
Program Sertifikat Pendidikan Guru Rumpun Bidang Studi
(PGRBS).
Pada awal berdirinya, yaitu pada tahun ajaran 1984-1985, UT
telah membuka empat program studi, yaitu Program S-1: Ilmu
Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ilmu Administrasi Negara,
Ilmu Administrasi Niaga, dan Statistika Terapan (Depdikbud,
1985). Peminat program ini mencapai 260.000 orang, namun
karena berbagai keterbatasan, yang diterima hanya sekitar
54.035 orang. Selanjutnya, jumlah dan jenis program berkem-
bang pada tahun ajaran kedua (1985-1986) dengan dibukanya
Program Sarjana Kependidikan, yaitu S-1 Pendidikan Fisika, S-1
Pendidikan Kimia, S-1 Pendidikan Biologi, dan S-1 Pendidikan
Bahasa Inggris serta Program Diploma II Kependidikan, yaitu
D-II Pendidikan Matematika, D-II Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Alam, D-II Pendidikan Bahasa Inggris, D-II Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, dan D-II Pendidikan Moral Pancasila.
Program Diploma Kependidikan ini masih ditambah lagi
dengan 11 Program Diploma I (D-I) Kependidikan, yang
dikelola bekerja sama dengan Program PGSMTP dari Direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen).
Di samping itu, juga dibuka Program Akta V, yaitu Program
61