Page 89 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 89
kebutuhan peningkatan kualifikasi bagi guru Penjaskes SD.
Karena berbagai kebutuhan lapangan dalam meningkatkan
kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas guru, maka
FKIP-UT juga mendapat pesanan untuk membuka ”Program
rancangan khusus”, yaitu program yang dirancang khusus
sesuai dengan kebutuhan lapangan. Program seperti ini,
misalnya Program Sertifikat Terakreditasi untuk SMP Kecil dan
SMP Terbuka, yang terdiri dari tujuh program pada tahun
1995–1997; di samping Program Sertifikat Guru Rumpun Bidang
Studi pada tahun 1994-1998-an. Dengan ditingkatkannya
kualifikasi guru pada semua jenjang pendidikan, maka program
sertifikat dan beberapa program diploma ditutup melalui
proses ”bertahap” yang tidak merugikan mahasiswa, dan
beberapa program sarjana dibuka untuk mengantisipasi tuntutan
peningkatan kualifikasi. Satu peristiwa yang juga penting dalam
kaitan ini adalah diizinkannya pembukaan Program S-1 PGSD
sebagai uji lapangan pada tahun 2002. Hal ini juga merupakan
satu tonggak penting karena hanya ada enam Lembaga
Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Negeri yang diizinkan
membuka program ini. Tahun 2003, dua program sarjana
kependidikan, yaitu Program Studi S-1 Pendidikan Ekonomi dan
S-1 Pendidikan PKn dibuka berdasarkan izin resmi dari
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Melalui pembukaan dan penutupan program yang berlang-
sung secara berkesinambungan, maka pada tahun 2006, FKIP
mengasuh sembilan program Sarjana Kependidikan, satu
Program Akta Mengajar, dan tiga Program D-II Kependidikan.
Sayangnya, sampai tahun 2006, FKIP belum berhasil membuka
Program Pascasarjana, meskipun studi kelayakan dan persiapan
66