Page 94 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 94
mulai dengan pengembangan kurikulum karena kurikulumlah
yang akan memandu penyelenggaraan program. Betapapun
sederhananya kurikulum, jika program pendidikan memang di
arah yang benar, akan selalu merupakan satu dokumen penting
yang tidak mungkin diabaikan.
Mempertimbangkan peran kurikulum dalam program pendi-
dikan, maka dapat dipahami bahwa kurikulum akan selalu
berkembang sesuai dengan perkembangan yang terjadi di
masyarakat. Secara ideal, setiap lima tahun, kurikulum harus
ditinjau kembali. Jika terjadi perubahan yang mendasar yang
belum terakomodasi dalam kurikulum, maka kurikulum direvisi
sehingga tidak ketinggalan jaman. Sehubungan dengan itu,
maka Universitas Terbuka yang kini telah berusia hampir 22
tahun, telah berulang kali melakukan revisi kurikulum. Berikut
ini diuraikan secara singkat karakteristik kurikulum dari setiap
periode.
a. Periode Tahun 1984 – 1990
Periode ini dapat dikatakan merupakan periode awal karena
UT baru diresmikan pada 4 September 1984. Dengan persiapan
yang sangat singkat, dapat dibayangkan wujud kurikulum UT
ketika itu. Aspek-aspek kurikulum dapat ditelusuri dari buku
semacam katalog dan buku panduan bagi mahasiswa karena
dokumen kurikulum secara khusus belum ada. Secara rinci
kurikulum mencantumkan beban studi dalam setiap program
studi yang ditetapkan dalam satuan kredit semester (sks). Beban
studi program sarjana berkisar antara 144-160 sks, Diploma III
110-120 sks, Diploma II 80-90 sks, Diploma I: 40-50 sks, dan
Akta V 20 sks setelah menyelesaikan 160 sks.
71