Page 94 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 94

mulai  dengan  pengembangan  kurikulum  karena  kurikulumlah

                                             yang  akan  memandu  penyelenggaraan  program.  Betapapun
                                             sederhananya  kurikulum,  jika  program  pendidikan  memang  di

                                             arah  yang  benar,  akan  selalu  merupakan  satu  dokumen  penting
                                             yang tidak mungkin diabaikan.

                                                 Mempertimbangkan  peran  kurikulum  dalam  program  pendi-
                                             dikan,  maka  dapat  dipahami  bahwa  kurikulum  akan  selalu

                                             berkembang  sesuai  dengan  perkembangan  yang  terjadi  di
                                             masyarakat.  Secara  ideal,  setiap  lima  tahun,  kurikulum  harus

                                             ditinjau  kembali.  Jika  terjadi  perubahan  yang  mendasar  yang
                                             belum  terakomodasi  dalam  kurikulum,  maka  kurikulum  direvisi

                                             sehingga  tidak  ketinggalan  jaman.  Sehubungan  dengan  itu,
                                             maka  Universitas  Terbuka  yang  kini  telah  berusia  hampir  22

                                             tahun, telah berulang kali melakukan revisi kurikulum.  Berikut
                                             ini  diuraikan  secara  singkat  karakteristik  kurikulum  dari  setiap

                                             periode.


                                             a.  Periode Tahun 1984 – 1990
                                                 Periode  ini  dapat  dikatakan  merupakan  periode  awal  karena

                                             UT  baru  diresmikan  pada  4  September  1984.  Dengan  persiapan
                                             yang  sangat  singkat,  dapat  dibayangkan  wujud  kurikulum  UT

                                             ketika  itu.    Aspek-aspek  kurikulum  dapat  ditelusuri  dari  buku
                                             semacam  katalog  dan  buku  panduan  bagi  mahasiswa  karena

                                             dokumen  kurikulum  secara  khusus  belum  ada.  Secara  rinci
                                             kurikulum  mencantumkan  beban  studi  dalam  setiap  program

                                             studi yang ditetapkan dalam satuan kredit semester (sks). Beban
                                             studi  program  sarjana  berkisar  antara  144-160  sks,  Diploma  III

                                             110-120  sks,    Diploma  II  80-90  sks,  Diploma  I:  40-50  sks,  dan
                                             Akta V 20 sks setelah menyelesaikan 160 sks.



                                                                                                                     71
   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99