Page 97 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 97

yang  merupakan  program  dengan  jumlah  mahasiswa  terbesar  di

                                             UT  direvisi  menjadi  Kurikulum  1996.  Revisi  ini  dilakukan
                                             sejalan  dengan  penyempurnaan  Kurikulum  D-II  PGSD  Prajabat-

                                             an  1990  menjadi  Kurikulum  1995.  Dokumen  Kurikulum  secara
                                             utuh mulai  terwujud untuk beberapa program studi.

                                                 Pada  masa  registrasi  2000.1  UT  memberlakukan  kurikulum
                                             baru  bagi  mahasiswa  UT  program  reguler  yang  disebut

                                             Kurikulum  Tahun  2000.  Bagi  mahasiswa  lama  yang  melakukan
                                             registrasi pertama pada 99.2 dan sebelumnya, kode mata kuliah,

                                             nama  mata  kuliah,  besar  sks,  waktu  ujian  dan  persyaratan
                                             jumlah sks untuk kelulusan mengacu pada ketentuan kurikulum

                                             baru.    Agar  tidak  merugikan  mahasiswa,  mata  kuliah  yang
                                             diambil  oleh  mahasiswa  sebelum  tahun  2000  dapat  disetarakan

                                             dan  apabila  tidak  ada  keseteraannya  maka  mata  kuliah  tersebut
                                             diakui  sebagai  mata  kuliah  pilihan.  Mata  kuliah  dibedakan

                                             menjadi  mata  kuliah  inti  dan  mata  kuliah  noninti  untuk
                                             membantu operasionalisasi penyetaraan mata kuliah.

                                                 Satu  ciri  penting  lain  dalam  periode  ini  adalah  diperkenal-
                                             kannya  mata  kuliah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  dalam

                                             beberapa  kurikulum  program  studi  FKIP.  Keberadaan  mata
                                             kuliah  ini  dimaksudkan  untuk  mendorong  para  guru  untuk

                                             memperbaiki       kinerjanya    sendiri    melalui    penelitian     yang
                                             dilakukannya sendiri di kelas tempatnya mengajar.  Mata kuliah

                                             ini  setara  dengan  mata  kuliah  Metode  Penelitian,  yang
                                             umumnya ditawarkan bagi semua mahasiswa program sarjana.









                                             74
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102