Page 97 - 22 Tahun 1984-2006 Perkembangan Universitas Terbuka: Perjalanan Mencari Jati Diri Menuju PTJJ Ungulan (Buku I)
P. 97
yang merupakan program dengan jumlah mahasiswa terbesar di
UT direvisi menjadi Kurikulum 1996. Revisi ini dilakukan
sejalan dengan penyempurnaan Kurikulum D-II PGSD Prajabat-
an 1990 menjadi Kurikulum 1995. Dokumen Kurikulum secara
utuh mulai terwujud untuk beberapa program studi.
Pada masa registrasi 2000.1 UT memberlakukan kurikulum
baru bagi mahasiswa UT program reguler yang disebut
Kurikulum Tahun 2000. Bagi mahasiswa lama yang melakukan
registrasi pertama pada 99.2 dan sebelumnya, kode mata kuliah,
nama mata kuliah, besar sks, waktu ujian dan persyaratan
jumlah sks untuk kelulusan mengacu pada ketentuan kurikulum
baru. Agar tidak merugikan mahasiswa, mata kuliah yang
diambil oleh mahasiswa sebelum tahun 2000 dapat disetarakan
dan apabila tidak ada keseteraannya maka mata kuliah tersebut
diakui sebagai mata kuliah pilihan. Mata kuliah dibedakan
menjadi mata kuliah inti dan mata kuliah noninti untuk
membantu operasionalisasi penyetaraan mata kuliah.
Satu ciri penting lain dalam periode ini adalah diperkenal-
kannya mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam
beberapa kurikulum program studi FKIP. Keberadaan mata
kuliah ini dimaksudkan untuk mendorong para guru untuk
memperbaiki kinerjanya sendiri melalui penelitian yang
dilakukannya sendiri di kelas tempatnya mengajar. Mata kuliah
ini setara dengan mata kuliah Metode Penelitian, yang
umumnya ditawarkan bagi semua mahasiswa program sarjana.
74