Page 260 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 260
dan transportasi udara dari 27 negara anggota. Yang menjadi
230
masalah adalah harga allowance yang turun drastis karena
masalah oversupply dari izin (Reuter, May 16,2018). European Union
memperlakukan ETS (Emission Trading System) untuk emisi yang
keluar dari pembangkit tenaga listrik, industri yang menggunakan
energi secara intensif seperti kilang minyak, industri baja, industri
semen, industri kertas, dan industri penerbangan. Perusahaan
akan dikenakan denda jika mereka mengeluarkan emisi di luar dari
batas yang telah ditentukan sesuai dengan izin yang diberikan.
Besar dendanya adalah sebesar Euro 100 untuk setiap ton kelebihan
emisi. Perusahaan juga memiliki insentif untuk mengurangi emisi
dengan cara melakukan investasi untuk efisiensi energi dan
mereka dapat menjual kelebihan allowance (izin) tersebut (Krestin
Appunn,20 July, 2021, cleanenergywire.com).
Belajar dari negara Amerika untuk perdagangan NOx, dimana
pada tahun 1998 EPA mengeluarkan SIP (State Implementation
Plan) yang meminta 21 negara bagian barat untuk menyampaikan
rencana dalam mengurangi emisi NOx yang berasal dari 2.500
sumber. Permintaan EPA tersebut termasuk rule model dimana
jika diadopsi oleh negara bagian tersebut dapat memenuhi
pengurangan emisi dengan cara berpartisipasi dalam program cap-
and trade antar negara bagian yang disebut sebagai “NOx Budget
Pajak Karbon dan Pajak Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
Trading Program”. Pada tahun 2009 NOx Budget Trading Program
diganti dengan CAIR (Clean Air Interstate Rule) dan pada tahun 2015
CAIR diganti dengan CSAPR (Cross-State Air Pollution Rule). Dengan
program ini emisi NOx mengalami penurunan dari 1,9 juta ton
pada tahun 1990 menjadi 500 ribu ton pada tahun 2006. Pada
periode tahun 1999-2003 penghematan biaya untuk mengurangi
emisi diestimasi sebesar 40-47% relatif dibandingkan dengan
menggunakan peraturan regulasi dimana penghematan ini tidak
termasuk perdagangan atau banking (Richard Schemalensee dan
Robert N Stavins, 2017).
11/3/2023 4:11:18 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 230 11/3/2023 4:11:18 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 230