Page 247 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 247

Sebelum implementasi kebijakan pada Gambar 5.6 data
                    mengenai  berapa  rata-rata  kendaraan  yang  tidak  lulus  uji emisi
                    gas buang dan berapa persen yang melebihi nilai ambang batas
                    maksimum  (NABM),  juga berapa  persen  rata-rata kendaraan
                    yang berada di bawah NABM perlu dianalisa.  Hal ini diperlukan
                    agar pembuat kebijakan dapat menentukan berapa persen emisi
                    polutan yang akan ditoleransi untuk diizinkan jika emisi polutan
                    berada di atas NABM. Kendaraan yang setelah uji emisi ke-2 dan
                    masih tidak memenuhi nilai ambang batas emisi, maka akan
                    dikenakan pajak yang berupa denda yang dapat dimasukkan ke
                    dalam pembayaran tahunan pada waktu memperpanjang pajak
                    tahunan. Emisi yang melebihi batas maksimum yang diizinkan
                    misalnya hanya 10%, sedangkan nilai emisi hasil uji adalah 15%,
                    maka kendaraan dipasangi stiker untuk tidak dizinkan melewati
                    daerah tertentu dimana tingkat kepadatan lalu lintas sangat tinggi.
                    Hal  ini  untuk  menghindari  akumulasi  emisi  polutan  yang  tinggi
                    pada daerah yang mengalami kepadatan.

                          Seperti yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, bahwa
                    kelemahan dari instrumen regulasi adalah emisi masih boleh terjadi
                    sejauh emisi tersebut berada di bawah nilai ambang batas. Faktor
                    lain yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kualitas bahan
                    bakar, proses pembakaran dengan bilangan oktan yang rendah
                    dapat menimbulkan CO dan HC yang tinggi dibandingkan dengan
                    oktan tinggi. Faktor lain seperti inisiatif untuk tidak menghidupkan
                                                                                           IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNTUK SUMBER EMISI
                    kendaraan jika tidak diperlukan. Di Eropa direkomendasikan untuk
                    mematikan mesin selama 10 detik di Itali dan Perancis, di Austria
                    selama 20 detik dan Jerman selama 40 detik, Belanda selama 60
                    detik dan di Amerika melalui Smartway membuat rekomendasi
                    selama 30 detik jika kendaraan berhenti lebih dari waktu-waktu
                    tersebut.

                          Kebijakan yang bersifat regulasi seperti ganjil-genap dapat
                    dilakukan untuk mengurangi emisi polutan pada daerah dengan
                    tingkat kemacetan atau kepadatan yang tinggi, tetapi kebijakan





                                                                                           217



                                                                                11/3/2023   4:11:18 PM
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   217
        23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd   217              11/3/2023   4:11:18 PM
   242   243   244   245   246   247   248   249   250   251   252