Page 248 - Pajak Karbon dan Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
P. 248
ini tidak memberikan alternatif kepada kendaraan yang telah lulus
218
uji emisi bahkan untuk kendaraan dengan emisi gas buang yang
sangat rendah. Kebijakan ekonomi atau kebijakan fiskal lebih tepat
dilakukan agar kendaraan dengan tingkat emisi yang rendah dapat
melewati daerah yang dianggap padat kendaraan, caranya dengan
mengenakan denda yang cukup signifikan (pinalti memasuki
restricted zone). Prinsip elastisitas harga permintaan akan bekerja
jika perbedaan harga untuk memasuki daerah terbatas (restricted
zone) yang akan dibebankan cukup signifikan. Dengan menerapkan
kebijakan ini masyarakat diberikan pilihan apakah akan membayar
atau dikenakan denda pelanggaran.
5.1.2 Parameter yang Menentukan Besarnya Pajak
Kendaraan
Pembuat kebijakan perlu mempertimbangkan beberapa
faktor jika ingin mengimplementasikan pajak dalam rangka
mengurangi polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.
Faktor ini akan memberikan dampak yang cukup signifikan
terhadap masyarakat pada waktu akan membeli dan menggunakan
kendaraan. Pembeli tidak hanya melihat harga beli kendaraan,
tetapi juga biaya yang harus dikeluarkan pada waktu kendaraan
beroperasi. Pada Tabel 5.18 beberapa variabel yang digunakan
Pajak Karbon dan Pajak Emisi untuk Penurunan Gas Rumah Kaca dan Emisi Polutan
oleh banyak negara dalam menentukan besar pajak kendaraan
yang berhubungan dengan kebijakan lingkungan. Seperti emisi
CO per konsumsi bahan bakar, emisi polutan, berat kendaraan,
2
umur kendaraan, harga kendaraan, kapasitas mesin, dan tipe
bahan bakar yang digunakan
11/3/2023 4:11:18 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 218 11/3/2023 4:11:18 PM
23940719_PAJAK KARBON DAN PAJAK EMISI_ISI_FINAL.indd 218