Page 80 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 80
Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital
64
Gambar 1 Layanan ODS (draft 1)
Dibanding mekanisme pelayanan Larasita berdasarkan prosedur BPN
yang dirasa sangat sulit dimengerti. Media one day service yang diciptakan
melalui draft 1 ini lebih sederhana diantaranya: pemohon (warga)
menyerahkan berkas. Loket I/II/III/IV berfungsi pengecekan kebenaran dan
keaslian, melengkapi berkas, pembayaran, dan penerimaan sertifikat.
Terahir back office menerima berkas dari front office dan diproses sesuai
pengajuan pemohon.
Faktor pendorong yang paling utama bagi masyarakat untuk segera
memiliki sertipikat tanah dengan adanya program Larasita adalah lebih
cepat dan mudah, karena bukan masyarakat pengurus sertipikat tanah
yang mendatangi BPN akan tetapi BPN lah yang mendatangi atau jemput
bola. Oleh sebab itu perlu adanya kegiatan uji coba dalam pemanfaatan
layanan agar meningkatkan kesadaran hukum akan tertib administrasi
diantaranya;
a. Uji Coba Skala Terbatas
Berdasarkan data DHKP (Daftar Himpunan Ketetapan dan Pembayaran)
tahun 2016 terdapat 2282 yang belum bersertifikat, hanya 667 warga yang
sudah bersertifikat, dari 667 terdapat 301 warga yang mengikuti program
IP4T SMS dan PRONA. Kegiatan sertifikasi tanah di Desa Mergosari terahir
diadakan tahun 2014 sejumlah 151 PRONA dan 150 SMS. Data DHKP 2017