Page 81 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 81
65
Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital
terdapat 2344 objek pajak yang masih menggunakan SPPT. Rentan 2016
sampai dengan 2017 terdapat kenaikan SPPT 62 warga dan belum
bersertifikat (Ilyas: 2017).
Program lanjutan Desa di tahun 2018 ialah tertib administrasi dibidang
pertanahan berupa pensertipikatan tanah warga. Dalam ikut serta
menyukseskan kegiatan tersebut layanan Larasita diharapkan mampu
menyedot minat masyarakat dalam mewujudkan reforma agraria. Inovasi
yang diberikan berupa layanan one day service dan jemput bola front office
mobile secara online.
Uji coba skala terbatas dilaksanakan pada bulan Maret 2017 proses
transfer informasi dilaksanakan mencapai seminggu sekali, itupun
tergantung dari pemahaman dan kesiapan masyarakat. Kegiatan tersebut
diikuti 50 warga dengan melihat kegiatan IP4T tahun 2014 terdapat 301
warga terbagi dua kegiatan SMS dan PRONA.
Hasil dari uji coba skala terbatas menghasilkan beberapa masukan
diantaranya: 1) Adanya keterangan gambar dalam proses alur pelayanan; 2)
Prosedur pelayanan disederhanakan agar mudah dimengerti; 3) Gambar
lebih menarik dan berwarna. Setelah uji coba skala terbatas dilakukan, draft
1 diperbaiki dan dikonsultasikan ke ahli untuk divalidasi kembali menjadi
Draft 2 seperti ditunjukan pada gambar 2 sebagai berikut:
Gambar 2 Prosedur Pelayanan Larasita (Draft 2)
Prosedur pelayanan Larasita Draft 2 siap diujicobakan pada skala luas.