Page 83 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 83

67
                                        Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital

                                       Program Larasita one day service dapat digunakan
                                    6.
                                       dengan mudah dan fleksibel
                                       Inovasi one day service menyajikan tampilan gambar
                                    7.
                                                                                       74%  26%
                                       yang jelas dan menarik
                                       Inovasi one day service dapat menarik minat
                                                                                       70%  30%
                                    8.
                                       masyarakat
                                       Penggunaan inovasi one day service layanan Larasita
                                    9.  dapat membantu masyarakat meningkatkan kesadaran
                                                                                       85%  15%
                                       hukum guna tertib administrasi dibidang pertanahan
                                       Penggunaan inovasi one day service sebagai media   62%  38%
                                    10.  tertib administrasi membuat masyarakat lebih   69%  31%
                                       semangat untuk mengikuti program Larasita
                                       Inovasi one day service yang disusun mengurangi waktu
                                    11.  pendaftaran tanah yang semula tiga hari menjadi satu   70%  30%
                                       hari
                                       Penggunaan one day service merangsang rasa ingin
                                    12.                                                74%  26%
                                       tahu warga
                                       Inovasi one day service meningkatkan partisipasi
                                    13.                                                84%  16%
                                       masyarakat
                                       Inovasi one day service membantu warga
                                    14.                                                76%  24%
                                       menyelesaikan permasalahan pertanahan
                                       Inovasi one day service dapat membuat masyarakat
                                    15.                                                90%  10%
                                       peduli tentang pertanahan
                                                                                       74.6  25.4
                                                          TOTAL

                                      Dari tabel 2  terlihat bahwa 74.6% inovasi  one  day  service  dapat
                                   diterapkan  dalam  kegiatan  tertib  administrasi  membangun  kesadaran
                                   hukum melalui persertipikatan tanah. Inovasi one day service adalah inovasi
                                   dimana  layanan  larasita  yang  semula  masyarakat  datang  ke  kantor BPN
                                   memerlukan waktu dan biaya banyak, setelah adanya  Larasita  BPN
                                   mendatangi warga di Balai desa (jemput bola) dengan sistem satu hari jadi
                                   (one  day  service).  Jika  hal  ini  berjalan  dengan  baik  maka  hasilnya  banyak
   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88