Page 82 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 82
66
Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital
b. Uji Coba Skala Luas
Melihat Daftar Himpunan ketetapan dan Pembayaran (DHKP) tahun
2017 terdapat 2344 objek pajak yang masih menggunakan SPPT maka
diambil 105 warga secara acak di Desa Mergosari. Dari 105 warga digunakan
sebagai uji coba skala luas dengan metode eksperimen. Hasil penelitian
didapatkan sebagai berikut:
1. Kesadaran Hukum Tertib Administrasi
Warga Desa Mergosari dibilang sangatlah sadar tentang kesadaran
hukum guna membangun tertib administrasi. Kegiatan tersebut
bisa dibuktikan dengan jumlah wajib pajak dan obyek pajak 2344
ditahun 2017 tertip membayar SPPT. Melihat realita pada tahun
2014 warga sangatlah antusias mengikuti program IP4T terbukti
301 warga mengikuti program SMS dan PRONA sebagai upaya
reforma agraria. Adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya
budaya hukum menjadikan daerah Mergosari tidak ada konflik,
sengketa dan permasalahan pertanahan.
2. Keterterapan Inovasi One Day Service
Untuk melihat keterterapam inovasi one day service dalam
meningkatkan minat masyarakat mengikuti program Larasita
diambil dengan menggunakan angket yang disebarluaskan dan diisi
oleh warga. Deskripsi data keterterapan inovasi one day service
disajikan dalam tabel 5.2
Tabel 2 Data Angket Keterterapan Inovasi One Day Service
Pilihan
No. Pernyataan
Ya Tidak
Inovasi one day service dapat digunakan dalam
1. 73% 27%
pendaftaran tanah
2. One day service sebagai upaya egoverment di BPN 78% 22%
3. Inovasi one day service sesuai dengan reforma agraria 70% 30%
4. Inovasi one day service mudah dipahami dan dimengerti 70% 30%
5. Inovasi one day service sesuai dengan layanan larasita 74% 26%