Page 82 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 82

66
                                Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital

                           b.  Uji Coba Skala Luas
                               Melihat  Daftar  Himpunan  ketetapan  dan  Pembayaran  (DHKP)  tahun
                           2017  terdapat 2344  objek  pajak  yang masih menggunakan SPPT maka
                           diambil 105 warga secara acak di Desa Mergosari. Dari 105 warga digunakan
                           sebagai  uji  coba  skala  luas  dengan  metode  eksperimen.  Hasil  penelitian
                           didapatkan sebagai berikut:
                               1.  Kesadaran Hukum Tertib Administrasi
                                   Warga Desa Mergosari dibilang sangatlah sadar tentang kesadaran

                                   hukum  guna  membangun  tertib  administrasi.  Kegiatan  tersebut
                                   bisa dibuktikan dengan jumlah wajib pajak dan obyek pajak 2344
                                   ditahun  2017  tertip  membayar  SPPT.  Melihat  realita  pada  tahun
                                   2014  warga  sangatlah  antusias  mengikuti  program  IP4T  terbukti
                                   301  warga  mengikuti  program  SMS  dan  PRONA  sebagai  upaya
                                   reforma agraria. Adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya
                                   budaya  hukum  menjadikan  daerah  Mergosari  tidak  ada  konflik,
                                   sengketa dan permasalahan pertanahan.
                               2.  Keterterapan Inovasi One Day Service
                                   Untuk  melihat  keterterapam  inovasi  one  day  service  dalam
                                   meningkatkan  minat  masyarakat  mengikuti  program  Larasita
                                   diambil dengan menggunakan angket yang disebarluaskan dan diisi
                                   oleh  warga.  Deskripsi  data  keterterapan  inovasi  one  day  service
                                   disajikan dalam tabel 5.2

                                   Tabel 2 Data Angket Keterterapan Inovasi One Day Service

                                                                                 Pilihan
                            No.                    Pernyataan
                                                                                Ya   Tidak
                                Inovasi one day service dapat digunakan dalam
                             1.                                                 73%  27%
                                pendaftaran tanah
                             2.  One day service sebagai upaya egoverment di BPN   78%  22%
                             3.  Inovasi one day service sesuai dengan reforma agraria   70%  30%

                             4.  Inovasi one day service mudah dipahami dan dimengerti 70%  30%
                             5.  Inovasi one day service sesuai dengan layanan larasita   74%  26%
   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87