Page 231 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 231

215
                                                                    Bagian III : Etika dan Hukum

                                   kemampuan untuk mengambil keputusan bagi dirinya (Agus Mulyana dalam
                                   Somantri, dkk; 2010 : 112).
                                      Pendidikan IPS bukan merupakan pendidikan disiplin ilmu tetapi adalah
                                   suatu kajian tentang masalah‐masalah social yang dikemas sedemikian rupa
                                   dengan  mempertimbangkan  factor  psikologis  perkembangan  peserta  didik
                                   dan  beban  waktu  kurikuler  untuk  program  pendidikan,  sedangkan  Ilmu
                                   Pengetahuan Sosial (IPS) adalah sebuah program pendidikan dan bukan sub‐
                                   disiplin  ilmu  tersendiri,  sehingga  tidak  akan  ditemukan  baik  dalam
                                   nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu‐ilmu sosial, maupun ilmu pendidikan
                                   (Gunawan, 2013 : 113).
                                      Hakikat IPS adalah telaah tentang manusia sebagai makhluk social yang
                                   selalu hidup bersama dan dunianya (Gunawan, 2013 : 17). Menurut Ridwan
                                   Effendi dalam Somantri, dkk (2010 : 32) alasan mempelajari pendidikan IPS
                                   adalah  membantu  kita  untuk  memahami  bagaimanan  hidup  bersama
                                   dengan  yang  lain  (seperti  bertetangga  dan  berinteraksi  dengan
                                   lingkungannya, meningkatkan kepedulian dengan masalah sekitar sehingga
                                   untuk memupuk nilai‐nilai hidup bersama di atas diperlukan sarana, yaitu
                                   pelajaran IPS.
                                      Pada kurikulum 2013 tujuan pembelajaran IPS (Widarwati dan Wijayati,
                                   2016  :  9)    yang  sesuai  dengan  konsep  etika  adalah  IPS  dikembangkan
                                   sebagai mata pelajaran integrative social studies, bukan sebagai pendidikan
                                   disiplin  ilmu,  sebagai  pendidikan  berorientasi  aplikatif,  pengembangan
                                   kemampuan  berpikir,  kemampuan  belajar,  rasa  ingin  tahu,  dan
                                   pengembangan  sikap  peduli  dan  bertanggung  jawab  terhadap  lingkungan
                                   social  dan  alam;  disamping  itu,  tujuan  pendidikan  IPS  menekankan  pada
                                   pengetahuan tentang bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta
                                   aktivitas  masyarakat  di  bidang  ekonomi  dalam  ruang  atau  space  wilayah
                                   NKRI;  dan  tujuan  pendidikan  IPS  menekankan  pada  pemahaman  tentang
                                   bangsa,  semangat  kebangsaan,patriotisme,dan  aktivitas  masyarakat
                                   dibidang  ekonomi  dalam  ruang  atau  space  wilayah  Negara  Kesatuan
                                   Republik Indonesia.

                                   Metodologi
                                      Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan cara studi
                                   literature  lewat  browsing  internet  dan  referensi  dari  buku‐buku  untuk
                                   mempermudah  dan  mendukung  bahan  diskusi  dan  pembahasan.  Peneliti
                                   melakukan analisis terhadap konten data dokumen yang berkaitan dengan
   226   227   228   229   230   231   232   233   234   235   236