Page 227 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 227

Bagian III : Etika dan Hukum
                                     Globalisasi Informasi dan Pembelajaran Etika
                                    dalam Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial pada
                                            Sekolah Menengah Pertama (SMP)


                                      P4TK PKn dan IPS, Kementerian Pendidikan dan
                                                           Kebudayaan


                                   PENDAHULUAN           Subkhan Rojuli                       211

                                      Kemajuan teknologi informasi mempermudah masuknya berbagai nilai‐
                                   nilai  dari  luar  yang  bertentangan  dengan  moral  dan  etika  dalam  tatanan
                                   sosial  masyarakat  kita.  Globalisasi  informasi  mengharuskan  para remaja
                                   untuk pandai menyikapinya. Diperlukan etika sebagai kerangka konseptual
                                   untuk menerjemahkan apa yang dilihat agar dituangkan ke dalam sikap yang
                                   sesuai  dengan  karakter  dan  budaya  Indonesia.  Kalau  tidak  demikian,
                                   sekarang ini kecenderungan kebebasan arus  informasi  mengarah kepada
                                   ditabraknya nilai‐nilai moral. Memang tidak bisa dihindari dalam pergaulan
                                   selalu  berinteraksi  dengan  individu  lain,  dengan  anggota  masyarakat
                                   lainnya, atau dengan lingkungannya sangat leluasa. Akan tetapi tidak berarti
                                   tidak  ada  batasan  sama  sekali,  karena  sekali  saja  seseorang  melakukan
                                   kesalahan  dengan  menyinggung  atau  melanggar  batasan  hak‐hak  asasi
                                   seseorang  lainnya,  maka  seseorang  tersebut  akan  berhadapan  dengan
                                   sanksi  hukum.  Sekolah  sebagai  tempat  pembentukan  karakter  harus
                                   mentransfer anti virus yang kuat untuk menyaring berbagai informasi yang
                                   diserap oleh peserta didik.
                                      Perkembangan  teknologi  informasi  mempercepat  transformasi  sosial
                                   masyarakat.  Disamping  memberikan  dampak  positif,  juga  memberikan
                                   dampak  negatif.  Perkembangan  tersebut  dapat  mengarah  perubahan
                                   masyarakat  informasi  yang  beretika  dan  demokratis,  atau  pun  sebaliknya.
                                   Perubahan  yang  tidak  diantisipasi  cenderung  melahirkan  pandangan  atau
                                   pembentukan  nilai  baru  yang  bertentangan  dengan  nilai  yang  bersumber
                                   dari keagamaan yang  selama ini terbukti  menjadi  sumber  nilai  yang
                                   memperkokoh  pertimbangan dasar seseorang dalam berperilaku sesuai
                                   etika yang berlaku dalam masyarakat. Sementara, anak‐anak pada tingkatan
                                   pendidikan dasar dan menengah masih rapuh landasan karakternya karena
   222   223   224   225   226   227   228   229   230   231   232