Page 23 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 23
7
Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital
50,704,971
146.9 %
92.7 %
47,013,649
20 Korea, South
55.9 %
944.1 %
TOP 20 Countries
5,038,740,614 2,818,277,245
Rest of the World
2,480,288,356 1,067,290,374
43.0 % 1,072.2 %
976.4 %
7,519,028,970 3,885,567,619
51.7 %
Total World Users
Sumber: http://www.internetworldstats.com/top20.htm
Meskipun demikian, apabila ditinjau dari persentase penetrasi internet
maka Indonesia termasuk ke dalam kelompok negara‐negara yang memiliki
gap yang besar antara penduduk yang memiliki akses terhadap internet dan
mereka yang tidak memiliki akses (Tabel 2). Di berbagai distrik di negara‐
negara berkembang, penetrasi teknologi ternyata tidak berjalan secara
merata. Penetrasi teknologi sebagian besar terjadi di wilayah‐wilayah
perkotaan atau sub‐urban dan meninggalkan banyak wilayah terpencil
dengan fenomena ketimpangan digital.
Munculnya ketimpangan digital sesungguhnya tidak bisa dilihat sebagai
suatu fenomena tersendiri namun harus dianalisis terkait dengan konteks
sosial, kultural, dan ekonomi pada masyarakat tersebut. Suatu studi tentang
ketimpangan digital menemukan fakta bahwa ketimpangan digital
dipengaruhi oleh jender, umur, gaji, ras, latarbelakang pendidikan, geografi,
dan disabilitas (Selwyn & Facer, 2010).
Studi yang dilakukan oleh Lianzhin Yu (2006) menjelaskan beberapa
prediktor ketimpangan digital yang dirangkum melalui tabel 2. Studi ini
menunjukkan bahwa suatu ketimpangan digital harus dilihat secara lebih
luas dan mendalam dalam konteks ketimpangan dan ketidakadilan sosial
(social inequalities and injustice) dalam suatu masyarakat.
Tabel 2. Prediktor Ketimpangan Digital
Age Increased age associated with decreased levels of
access, limited modes of use and patterns of connecting.
Age differences are especially pronounced in those
individuals aged 60 years and over.
Culture/Social Communities and individuals with higher levels of social
participation contacts tend to make more use of ICTs.
Education Lower levels of education are also shown to be