Page 22 - Transformasi Sosial Menuju Masyarakat Informasi Yang Beretika dan Demokratis
P. 22

Bagian I: Politik, Kebijakan Publik danKetimpangan Digital

                               Mencermati begitu massifnya pengguna internet di dunia maka dapat
                           dikatakan  bahwa  TIK  sekarang  ini  telah  menjadi  bagian  yang  tidak
                           terpisahkan dari kehidupan manusia. TIK telah memiliki peran inklusif mulai
                           dari peran dalam lingkup  personal sampai  dengan peran makro di  level
                           masyarakat, seperti e‐governance (Selwyn & Facer, 2010).

                                Tabel 1. Kelompok 20 Negara dengan Pengguna Internet Tertinggi

                                                                                 Growth (*)
                                                   Population,
                                                             Internet Users
                                                                         Internet
                             No
                                   Country or Region
                                                                                  2000 -
                                                   2017 Est.
                                                             30 June 2017  Penetration
                                                                                   2017   6
                              1   China           1,388,232,693   738,539,792   53.2 %  3,182.4 %
                              2   India           1,342,512,706   462,124,989   34.4 %  9,142.5 %
                              3   United States    326,474,013   286,942,362   87.9 %   200.9 %
                              4   Brazil           211,243,220   139,111,185   65.9 %  2,682.2 %
                              5   Indonesia        263,510,146   132,700,000   50.4 %  6,535.0 %
                              6   Japan            126,045,211   118,453,595   94.0 %   151.6 %
                              7   Russia           143,375,006   109,552,842   76.4 %  3,434.0 %
                              8   Nigeria          191,835,936   91,598,757   47.7 %  45,699.4 %
                              9   Mexico           130,222,815   85,000,000   65.3 %  3,033.8 %
                                                   164,827,718   73,347,000   44.5 %  73,247.0 %
                              10  Bangladesh
                                                    80,636,124   72,290,285   89.6 %   201.2 %
                              11  Germany
                                                    95,414,640   64,000,000   67.1 %  31,900.0 %
                              12  Vietnam
                                                    65,511,098   62,091,419   94.8 %   303.2 %
                              13  United Kingdom
                                                   103,796,832   57,607,242   55.5 %  2,780.4 %
                              14  Philippines
                                                    68,297,547   57,000,000   83.5 %  2,378.3 %
                              15  Thailand
                                                    80,945,718   56,700,000   70.0 %  22,580.0 %
                              16  Iran
                                                    64,938,716   56,367,330   86.8 %   563.1 %
                              17  France
                                                    80,417,526   56,000,000   69.6 %  2,700.0 %
                              18  Turkey
                                                    59,797,978   51,836,798   86.7 %   292.7 %
                              19  Italy
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27