Page 42 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 42

diarahkan pada cara siswa memanfaatkan beragam sumber belajar,
        dan  proses  pembelajaran  cenderung  menggunakan  pendekatan
        interdisiplin.  Dengan  karakteristik SCL seperti itu, maka peran yang
        harus  dilakukan  guru  dalam  pembelajaran  SCL  adalah  memahami
        tujuan/kompetensi  pembelajaran;  menyediakan  dan  memberikan
        beragam  pengalaman  belajar  yang  sesuai  dengan  tuntutan
        kompetensi; menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan
        menyenangkan;  mengecek  perkembangan  belajar  siswa  secara
        pribadi; mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan memiliki
        kemampuan memecahkan masalah; serta menjelaskan norma, aturan,
        standar,  sistem  nilai,  etika  dan  etiket yang berkaitan dengan mata
        pelajarannya.
            Implementasi SCL berimplikasi pada guru dan institusi. Implikasi
        SCL terhadap guru di antaranya adalah selain harus memperhatikan
        perkembangan bidang ilmunya, guru juga harus selalu membuka diri
        terhadap  perbaikan  dan  peningkatan  mutu  pembelajaran  yang
        dilaksanakannya;  guru  merupakan  perancang  pembelajaran  yang
        secara  terus  menerus  harus  melakukan  penilaian  dan  pencarian
        informasi  untuk  meningkatkan  mutu  pembelajarannya;  guru  juga
        secara  terus  menerus  harus  melakukan  bimbingan,  arahan,  dan
        penilaian  terhadap  kegiatan  belajar  siswanya.  Untuk  itu,  harus
        memastikan  bahwa  perencanaan  dan  keputusan  pelaksanaan
        pembelajaran dibuat untuk memberi dampak terhadap belajar siswa;
        guru harus memimpin didalam menentukan capaian belajar siswa dan
        memilih  cara  terbaik agar capaian itu dapat diperoleh oleh lulusan;
        dan guru harus membuat belajar para siswanya sebagai prioritas.
            Bagi institusi, implikasi SCL antara lain adalah misi institusi harus
        diletakkan  pada  belajar  daripada  mengajar  siswa;  institusi  harus
        bertanggung  jawab  terhadap  proses  belajar  siswa;  memberikan
        dukungan  dan  meningkatkan  mutu  belajar  siswa  harus  menjadi
        pekerjaan semua orang dan harus mengarahkan pada pengambilan
        keputusan  di  sekolah;  dan  efektivitas  institusi  harus  dievaluasi
        berdasarkan  capaian  belajar  siswanya  bukan  hanya  sekedar  dari
        pemanfaatan sumberdaya dan proses pembelajarannya saja.
            Diskusi kelompok kecil (small-group discussion), bermain peran
        dan  simulasi  (role-play  and  simulation),  studi  kasus  (case  study),


      26  Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City
   37   38   39   40   41   42   43   44   45   46   47