Page 42 - Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi Untuk Mewujudkan Smart City
P. 42
diarahkan pada cara siswa memanfaatkan beragam sumber belajar,
dan proses pembelajaran cenderung menggunakan pendekatan
interdisiplin. Dengan karakteristik SCL seperti itu, maka peran yang
harus dilakukan guru dalam pembelajaran SCL adalah memahami
tujuan/kompetensi pembelajaran; menyediakan dan memberikan
beragam pengalaman belajar yang sesuai dengan tuntutan
kompetensi; menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan
menyenangkan; mengecek perkembangan belajar siswa secara
pribadi; mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif dan memiliki
kemampuan memecahkan masalah; serta menjelaskan norma, aturan,
standar, sistem nilai, etika dan etiket yang berkaitan dengan mata
pelajarannya.
Implementasi SCL berimplikasi pada guru dan institusi. Implikasi
SCL terhadap guru di antaranya adalah selain harus memperhatikan
perkembangan bidang ilmunya, guru juga harus selalu membuka diri
terhadap perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran yang
dilaksanakannya; guru merupakan perancang pembelajaran yang
secara terus menerus harus melakukan penilaian dan pencarian
informasi untuk meningkatkan mutu pembelajarannya; guru juga
secara terus menerus harus melakukan bimbingan, arahan, dan
penilaian terhadap kegiatan belajar siswanya. Untuk itu, harus
memastikan bahwa perencanaan dan keputusan pelaksanaan
pembelajaran dibuat untuk memberi dampak terhadap belajar siswa;
guru harus memimpin didalam menentukan capaian belajar siswa dan
memilih cara terbaik agar capaian itu dapat diperoleh oleh lulusan;
dan guru harus membuat belajar para siswanya sebagai prioritas.
Bagi institusi, implikasi SCL antara lain adalah misi institusi harus
diletakkan pada belajar daripada mengajar siswa; institusi harus
bertanggung jawab terhadap proses belajar siswa; memberikan
dukungan dan meningkatkan mutu belajar siswa harus menjadi
pekerjaan semua orang dan harus mengarahkan pada pengambilan
keputusan di sekolah; dan efektivitas institusi harus dievaluasi
berdasarkan capaian belajar siswanya bukan hanya sekedar dari
pemanfaatan sumberdaya dan proses pembelajarannya saja.
Diskusi kelompok kecil (small-group discussion), bermain peran
dan simulasi (role-play and simulation), studi kasus (case study),
26 Optimalisasi Peran Sains dan Teknologi untuk Mewujudkan Smart City