Page 306 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 306
sistem belajar jarak jauh harus terus mengembangkan berbagai macam
media yang dianggap efektif sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan.
Selain itu, keragaman karakteristik mahasiswa UT merupakan salah sa-
tu faktor yang menyebabkan kebutuhan akan penyediaan beragam media
yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa semakin terasa. Untuk itu, pe-
ngembangannya perlu mendapatkan prioritas dan dukungan yang mema-
dai dari berbagai pihak terkait.
Daftar Pustaka
Belawati, T. (1998). Mediated counselling services (MCS) to increase stu-
dent persistence in distance education. Jakarta: Universitas Terbuka.
Huda, N. ( 1998). Kajian tentang Karakteristik Audience Siaran Program
Radio UT. Makalah disajikan pada Seminar Intern Pusat Produksi
Multi Media UT. Jakarta, 22 Juli 1998.
Nurmawati, S.(1994). Studi tentang kesulitan yang dihadapi oleh maha-
siswa dalam proses be/ajar jarak jauh. Jakarta: Universitas Terbu-
ka.
Padmo, D.A. (1998). Media radio dalampendidikanjarakjauh: sebuah
alternatif media yang terjangkau dan menjangkau. Makalah disaji-
kan pada Seminar Intern Pusat Penelitian Media UT. Jakarta, 12
April1998.
Pusat Antar Universitas. (1999). Tutorial berbantuan komputer (TBK) .
Universitas Terbuka. Jakarta.
Soetrisno. (1996). Studi kualitas perwajahan dan strategi pemasaran mo-
dul Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka.
Thtisiana, dkk. (1998). Pengaruh media noncetak terhadap basil belajar
mahasiswa UT. Dalam N. Huda, K.A. Puspitasari, Darmanto. Review
hasil penelitian tentang tutorial UT dan aspek-aspeknya. Jakarta:
Universitas Terbuka.
313