Page 304 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 304
blik terhadap bahan ajar yang dibuat UT cukup besar, dan hal ini perlu
diimbangi dengan usaha untuk memudahkan mereka membeli bahan ajar
UT, melalui penjualan bekerjasama dengan toko buku yang mudah dite-
mukan.
Diversifikasi kualitas cetakan sebaiknya dilakukan untuk lebih me-
ningkatkan pemanfaatan bahan ajar UT oleh berbagai kelompok masya-
rakat sesuai daya beli. Ada bahan ajar UT yang diakui bagus dari segi
materi dan penyajian dan diminati oleh banyak kalangan. Untuk bahan ajar
sejenis ini dapat dicetak dalam dua versi yang berbeda: versi biasa dan
versi lebih baik, untuk dijual kepada kelompok mahasiswa atau pengguna
yang relevan.
Untuk meningkatkan kualitas proses dan basil luaran pengembangan
bahan ajar, sekarang sedang dimulai dan diujicobakan pengembangan
bahan ajar menggunakan pendekatan tim, yang secara integratif erat
bekerjasarna menghasilkan suatu bahan ajar. Pendekatan ini diharapkan
menjadi media interaksi berbagai jenis keahlian untuk menghasilkan ba-
han ajar yang berkualitas.
Untuk memangkas waktu pengembangan menjadi lebih singkat, dan
biaya menjadi lebih cost efective, saat ini UT juga sedang menjajagi
penggunaan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh perguruan tinggi
lain, atau buku-buku yang dijual urnurn, dan melengkapinya dengan pedo-
man belajar, latihan, tes, dsb.
UT juga mempertimbangkan untuk menggunakan bahan ajar yang
berkualitas dari program belajar jarakjauh yang telah dikembangkan oleh
institusi belajar jarak jauh di luar negeri. Materi bahan ajar beberapa
program overseas tersebut kualitasnya mungkin tidak perlu diragukan, ba-
ik dari segi validitas dan kemutakhiran materi. Yang menjadi hambatan
adalah bahwa bahan ajar tersebut tertulis dalam bahasa Inggris, sedang-
kan penguasaan bahasa Inggris oleh kebanyakan mahasiswa di Indonesia
311