Page 309 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 309

daripada  dalam  sistem  pendidikan  konvensional  (World  Bank  Global

             Distance EducatioNet, 1999).
               Sehubungan  dengan  sifat  kesendirian  mahasiswa  PTJJ  dan  kendala-
            kendala belajar yang  diakibatkannya,  maka layanan bantuan bagi maha-

            siswa (LBM) merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam sistem PTJJ.
            Mahasiswa  dalam  sistem  PTJJ  memang  dituntut  untuk  belajar  secara
            mandiri,  tetapi  bukan berarti  mereka  dibiarkan sendiri tanpa  bantuan

            dari  institusi  pengelola  PTJJ  tersebut  (Belawati,  1998).  lnstitusi  PTJJ
            umumnya  menginginkan  agar  siswanya  dapat  menjadi  mahasiswa  yang
            mandiri (independent) sehingga banyak usaha dilakukan untuk mengem-

            bangkan bahan belajar yang  dapat dipelajari sendiri oleh siswa,  sedapat
            mungkin tanpa harus berhubungan dengan institusi pengelola (Mclnnis-
            Ranklin dan Brindley, 1986). Namun, mengingat sangat beragamnya kon-
            disi siswa,  baik dari segi usia, pendidikan, kemampuan belajar,  maupun
            fasilitas  belajar,  sudah  selayaknya  bila sistem PTJJ  menyediakan  LBM.
            Menurut Mclnnis-Ranklin dan Brindley (1986),  LBM dapat menjadikan
            sistem PTJJ  lebih manusiawi,  tidak hanya memikirkan kualitas bahan a-
            jar tetapi juga berusaha membantu setiap siswa mencapai tujuan belajar-
            nya.


            Konsep LBM de. lam PT JJ
               Secara  luas  dapat  diartikan bahwa  LBM  dalam  sist((m  PTJJ  adalah
            semua  layanan  bantuan yang  dapat  diberikan  kepada  mahasiswa  untuk
            membantu  mereka  agar  dapat  belajar  secara  mandiri  dengan  sukses
            (Belawati,  1998).  Agar  dapat memberikan  bantuan  kepada  mahasiswa
            tentunya pengelola PTJJ harus mengetahui kendala-kendala yang umumnya
            dihadapi mahasiswa PTJJ dan bentuk atau jenis bantuan yang dibutuhkan-
            nya. Pengelola PTJJ juga perlu mengetahui kapan mahasiswa memerlukan
            bantuan sehingga LBM dapat diberikan pada saat yang tepat.


                                           316
   304   305   306   307   308   309   310   311   312   313   314