Page 311 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 311
I. masalah administratif. yang mempengaruhi interaksi siswa dengan
institusi PT JJ;
2. masalah belajar, yang berkaitan dengan kegiatan belajar dan pe-
nyelesaian tugas; dan
3. masalah personal, yaitu keadaan-keadaan atau masalah-masalah pri-
badi yang dapat mempengaruhi proses belajar.
Dengan mengacu ke Gambar 1, dapat ditarik asumsi bahwa mahasiswa
mungkin akan mengalami masalah, yang termasuk dalam salah satu
kategori masalah tersebut di atas atau mungkin mengalami dua masalah
secara bersama-sama, dalam setiap tahapan sub sistem tersebut. Oleh
karena itu, banyak institusi PTJJ menyediakan LBM untuk membantu
mahasiswa mengatasi masalah administratif, masalah belajar, maupun
masalah personal. Open Learning Agency (OLA), Kanada, misalnya,
menyediakan Student Support Services yang meliputi fungsi-fungsi regis-
trasi (admission, registration, records, examination): layanan informasi
(information service), bimbingan dan konseling (advising and counseling),
dukungan pembelajaran (instructional support), serta bantuan advokasi
(student advocacy). lnstitusi yang lain mungkin juga menyediakan semua
layanan tersebut, tetapi terpisah secara administrasi , tidak di bawah satu
depanemen Studtnt Support Services seperti halnya pada OLA.
Layanan Bantuan Bagi Mahasiswa di Universitas Terbuka
LBM di Universitas Terbuka (UT) disediakan baik bagi mahasiswa
maupun caJon mahasiswa, yaitu masyarakat yang tertarik untuk mengeta-
hui program belajar yang ditawarkan UT. LBM yang disediakan menca-
kup ( l) penyediaan informasi dan konsultasi akademik, (2) layanan admi-
nistrasi akademik, serta (3) layanan akademik. Dalam hal ini hubungan
antara kategori LBM dan pengguna layanan dapat digambarkan sebagai
318