Page 311 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 311

I.  masalah  administratif.  yang  mempengaruhi  interaksi  siswa  dengan
               institusi  PT JJ;
            2.  masalah  belajar,  yang  berkaitan  dengan  kegiatan  belajar  dan  pe-
               nyelesaian tugas; dan
            3.  masalah  personal,  yaitu  keadaan-keadaan  atau  masalah-masalah  pri-
               badi yang dapat mempengaruhi proses belajar.



               Dengan mengacu ke Gambar 1, dapat ditarik asumsi bahwa mahasiswa
            mungkin  akan  mengalami  masalah,  yang  termasuk  dalam  salah  satu
            kategori  masalah tersebut di  atas atau  mungkin mengalami dua  masalah

            secara  bersama-sama,  dalam  setiap  tahapan  sub  sistem  tersebut.  Oleh
            karena  itu,  banyak  institusi  PTJJ  menyediakan  LBM  untuk  membantu
            mahasiswa  mengatasi  masalah  administratif,  masalah  belajar,  maupun

            masalah  personal.  Open  Learning  Agency  (OLA),  Kanada,  misalnya,
            menyediakan Student Support Services yang meliputi fungsi-fungsi regis-

            trasi  (admission,  registration,  records,  examination):  layanan  informasi
            (information service), bimbingan dan konseling (advising and counseling),
            dukungan  pembelajaran  (instructional  support),  serta  bantuan  advokasi
            (student advocacy). lnstitusi yang lain mungkin juga menyediakan semua
            layanan tersebut,  tetapi terpisah  secara administrasi ,  tidak di bawah satu
            depanemen Studtnt Support Services seperti halnya pada OLA.


            Layanan Bantuan Bagi Mahasiswa di Universitas Terbuka
               LBM  di  Universitas  Terbuka  (UT)  disediakan  baik  bagi  mahasiswa
            maupun caJon mahasiswa, yaitu masyarakat yang tertarik untuk mengeta-
            hui program  belajar yang  ditawarkan  UT.  LBM yang  disediakan  menca-
            kup ( l) penyediaan informasi dan konsultasi akademik, (2) layanan admi-
            nistrasi  akademik,  serta (3)  layanan  akademik.  Dalam hal  ini  hubungan
            antara  kategori  LBM  dan pengguna  layanan  dapat digambarkan sebagai

                                           318
   306   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316