Page 316 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 316
mengenai UT. Kelebihan layanan melalui e-mail adalah cepatnya in-
formasi diterima oleh UT sehingga dapat segera dijawab. Jawaban dari
UT pun dapat diterima dengan cepat oleh mahasiswa ataupun caJon
mahasiswa, karena surat elektronik dapat diterima dalam beberapa
detik setelah dikirim.
• Layanan melalui telepon, surat, maupun fax
Telepon dapat digunakan sebagai sarana komunikasi yang cepat oleh
mahasiswa yang belum mempunyai fasilitas Internet di daerahnya. Mes-
kipun cukup mahal, alat ini efektif untuk kegiatan konsultasi karena
mahasiswa dapat langsung mengemukakan permasalahannya. Untuk
mempermudah mahasiswa dalam menyampaikan pertanyaannya atau
permasalahannya, mereka dapat menghubungi Unit Pelayanan Maha-
siswa (PELMA) di nomor telepon 7490941 pesawat 1313 dan 1604. Bi-
la konsultasi atau bimbingan akademik yang diharapkan tidak dapat
diberikan di Unit PELMA, maka telepon akan disambungkan ke do-
sen atau staf akademik di fakultas yang bersangkutan. Kelemahan lain,
banyak penelepon yang tidak mengetahui sistem pelayanan telepon di
UT sehingga banyak telepon yang masuk ke PELMA yang bertujuan
untuk menghubungi Unit lain. Hal ini sebetulnya merugikan mahasis-
wa yang tidak dapat menghubungi Unit PELMA karena line telepon
terlalu sibuk.
Kelebihan layanan melalui surat adalah daya jangkaunya yang luas,
bahkan sampai ke pelosok kota kecil sekalipun. Komunikasi melalui
surat sangat mudah dilakukan oleh semua mahasiswa dengan biaya yang
relatif murah. Namun, layanan ini dianggap kurang efektif dalam hal
terlalu lamanya waktu yang diperlukan untuk mencapai alamat tujuan.
Untuk mempermudah mahasiswa dalam menghubungi UT, maka se-
mua surat mahasiswa yang dikirim melalui pos harus dialamatkan ke
325