Page 321 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 321

kan menjadi kegiatan mengajar seperti di perguruan tinggi konvensional.
         Dengan demikian, diharapkan porsi belajar mahasiswa  secara  sendirian
         atau berkelompok lebih besar daripada porsi belajar dalam tutorial. Me-
         ngingat sangat  beragamnya  usia,  latar  belakang  pendidikan,  bidang  pe-
         kerjaan,  dan fasilitas belajar, maka dapat diasumsikan bahwa kemampu-
         an  belajar dan  wawasan  mereka juga  sangat  beragam.  Oleh  karena  itu
         diasumsikan  bahwa  ada sebagian mahasiswa  yang  memerlukan bantuan
         belajar, dalam bentuk tutorial.
            Menurut Race (1990), peran tutor meliputi tiga kegiatan utama, yaitu
         (1) memberikan umpan balik kepada mahasiswa, (2) memberikan peng-
         ajaran, baik secara tatap muka atau melalui alat komunikasi, dan (3) mem-
         berikan dukungan dan bimbingan,  termasuk memotivasi dan membantu
         mahasiswa  mengembangkan  keterampilan belajarnya.  ldealnya,  setiap
         mahasiswa berhak untuk mendapatkan bantuan tutor baik yang berkaitan
         dengan  materi  mata  kuliah  (MK)  maupun  yang  berupa  konseling.  Na-
         mun,  di  UT  tutorial  ditekankan  untuk  memberikan  bimbingan  belajar
         kepada  mahasiswa  yang  membutuhkan.  Jadi,  tutorial  terutama  ditekan-
         kan  untuk memberikan penjelasan tentang  materi  MK yang  tidak dipa-
         hami mahasiswa. Materi yang biasa ditanyakan mahasiswa dalam kegiat-
         an tutorial meliputi:
            •  Materi modul yang sulit dipahami
            •  Penerapan konsep yang dipelajari dalam bahan ajar
            •  Soal tes formatif dan latihan yang sulit
            •  Persiapan belajar untuk menghadapi UAS  atau UKT
            •  dan lain-lain
            Thtorial  di  UT  diberikan  dalam  bentuk  tatap  muka,  secara  tertulis
         melalui  surat maupun  Internet  serta  tutorial  melalui  siaran  radio  dan
         televisi.  Setiap  bentuk  tutorial  mempunyai  kekurangan  dan kelebihan
         masing-masing.

                                        332
   316   317   318   319   320   321   322   323   324   325   326