Page 322 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 322

a.  Tutorial Tatap Muka
           Thtorial tatap  muka dapat menjadi wadah diskusi yang  berkaitan de-
        ngan materi MK yang sangat bermanfaat, hila mahasiswa dan tutor yang
        tersedia mempunyai kemampuan yang memadai. Thtorial tatap muka juga
        dapat  berfungsi  sebagai  sarana  sosialisasi  antar  sesama  mahasiswa.
        Tutorial  tatap  muka dikoordinir oleh UPBJJ atau kelompok belajar ma-
        hasiswa  (KBM). Mahasiswa yang  membutuhkan tutorial tatap  muka da-
        pat menghubungi UPBJJ atau bergabung dengan KBM.  Namun pelaksa-
        naan  tutorial  tatap  muka  ini  sangat tergantung pada sebaran mahasiswa
        per matakuliah di  UPBJJ,  waktu  luang  mahasiswa, jarak tempat  tinggal
        ke  tempat  tutorial,  dan  ketersediaan  serta  komitmen  tutor  di daerah.
        Thtorial ini hanya dapat berlangsung secara efektif dan berkelanjutan hila
        terdapat cukup banyak mahasiswa yang mengambil MK yang sama yang
        bersedia mengikuti  tutorial,  serta  tersedia  tutor  yang  mempunyai  ke-
        mampuan dan waktu yang  memadai untuk memberikan tutorial.  Mengi-
        ngat biaya penyelenggaraan tutorial ini cukup mahal, mungkin sebaiknya
        tutorial ini hanya dilayani di  kota  UPBJJ dimana tersedia cukup banyak
        tenaga  tutor yang  memadai dari  universitas  pembina.  Tanpa  tutor yang
        handal, kegiatan ini akan terlalu mahal bagi mahasiswa ditinjau dari segi
        waktu maupun biaya.


        b.  Tutorial Tertulis
           Thtorial tertulis melalui surat dan tutorial Internet dapat dilakukan se-
        cara  individual  oleh setiap mahasiswa.  Mahasiswa dapat menulis  surat,
        mengirim  fax,  maupun  mengirim  e-mail  ke  fakultas  yang  terkait  untuk
        berkonsultasi tentang materi MK yang belum dipahami. Kelebihan tutori-
        al  melalui  surat  adalah  hal  ini  dapat  dilakukan  oleh setiap  mahasiswa,
        bahkan dari daerah yang terpencil. Namun, tutorial bentuk ini sanga:t tidak
        efisien karena lamanya perjalanan surat dari dan ke  UT. Tidak dijawab-


                                      333
   317   318   319   320   321   322   323   324   325   326   327