Page 322 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 322
a. Tutorial Tatap Muka
Thtorial tatap muka dapat menjadi wadah diskusi yang berkaitan de-
ngan materi MK yang sangat bermanfaat, hila mahasiswa dan tutor yang
tersedia mempunyai kemampuan yang memadai. Thtorial tatap muka juga
dapat berfungsi sebagai sarana sosialisasi antar sesama mahasiswa.
Tutorial tatap muka dikoordinir oleh UPBJJ atau kelompok belajar ma-
hasiswa (KBM). Mahasiswa yang membutuhkan tutorial tatap muka da-
pat menghubungi UPBJJ atau bergabung dengan KBM. Namun pelaksa-
naan tutorial tatap muka ini sangat tergantung pada sebaran mahasiswa
per matakuliah di UPBJJ, waktu luang mahasiswa, jarak tempat tinggal
ke tempat tutorial, dan ketersediaan serta komitmen tutor di daerah.
Thtorial ini hanya dapat berlangsung secara efektif dan berkelanjutan hila
terdapat cukup banyak mahasiswa yang mengambil MK yang sama yang
bersedia mengikuti tutorial, serta tersedia tutor yang mempunyai ke-
mampuan dan waktu yang memadai untuk memberikan tutorial. Mengi-
ngat biaya penyelenggaraan tutorial ini cukup mahal, mungkin sebaiknya
tutorial ini hanya dilayani di kota UPBJJ dimana tersedia cukup banyak
tenaga tutor yang memadai dari universitas pembina. Tanpa tutor yang
handal, kegiatan ini akan terlalu mahal bagi mahasiswa ditinjau dari segi
waktu maupun biaya.
b. Tutorial Tertulis
Thtorial tertulis melalui surat dan tutorial Internet dapat dilakukan se-
cara individual oleh setiap mahasiswa. Mahasiswa dapat menulis surat,
mengirim fax, maupun mengirim e-mail ke fakultas yang terkait untuk
berkonsultasi tentang materi MK yang belum dipahami. Kelebihan tutori-
al melalui surat adalah hal ini dapat dilakukan oleh setiap mahasiswa,
bahkan dari daerah yang terpencil. Namun, tutorial bentuk ini sanga:t tidak
efisien karena lamanya perjalanan surat dari dan ke UT. Tidak dijawab-
333