Page 317 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 317
BAAKRENSI UT Pusat dalam hal penyediaan informasi dan layanan
administrasi akademik, atau ke Dekan fakultas yang bersangkutan de-
ngan hal konsultasi akademik dan layanan akademik.
Layanan melalui fax lebih efektif dari surat yang dikirim melalui pos
karena lebih cepat diterima UT, dan biaya fax lebih murah dari biaya
telepon. Alamat fax yang dapat dihubungi dengan cepat adalah 7490147.
• Layanan tatap muka melalui Unit Pelayanan Mahasiswa (Unit PELMA)
di UJ Pusat
Unit PELMA UT bertugas untuk melayani mahasiswa/calon mahasis-
wa yang datang ke UT Pusat setiap hari Senin sampai dengan Jurnat
darijam 08.00-16.00.
Kelebihan layanan ini adalah calon rnahasiswa dan mahasiswa yang
datang cepat mendapatkan inforrnasi yang dibutuhkan. Kelemahannya
adalah forum ini kurang menjamin privacy mahasiswa yang ingin
melakukan konsultasi karena tidak tersedianya ruang khusus untuk
konsultasi. Untuk konsultasi tatap muka yang tidak dapat dilayani di
Unit PELMA, calon mahasiswa atau mahasiswa disarankan untuk
langsung menghubungi Unit yang lebih relevan, misalnya ke fakultas.
Selain itu, pada saat mahasiswa banyak yang datang (misalnya setelah
pengumuman nilai ujian dan menjelang proses yudisium), mahasiswa
yang ingin melakukan konsultasi secara tatap muka menjadi tidak
terlayani dengan baik. Kelemahan lain, seorang adviser atau staf yang
melayani bimbingan akademik umumnya berpendidikan S2 dan
mempunyai pengalaman mengajar (Mclnnis-Rankin dan Brindley, 1986).
Sedangkan staf di Unit PELMA umumnya lebih mempunyai kualifikasi
untuk menyampaikan informasi, menyelesaikan kasus registrasi atau-
pun kasus ujian, kurang mempunyai kualifikasi untuk melakukan kon-
sultasi akademik.
326