Page 310 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 310
Bila dilihat dari sisi siswa, maka subsistem PTJJ yang harus dilalui
seorang siswa dapat digambarkan sebagai berikut:
Gambar 1. Subsistem Siswa dalam PT JJ
Diadaptasi dari A. Kaye (1981 , hal. 21 )
Berdasarkan Gambar 1 dapat dijelaskan bahwa LBM seharusnya
diberikan pada setiap kesempatan mahasiswa membutuhkan dukungan,
yaitu dari mulai sebelum mendaftar, pada saat mendaftar, pada saat
mempelajari bahan ajar, pada saat ingin mengetahui hasil belajamya, pada
saat menyusun rencana belajar selanjutnya, sampai pada saat siswa
menyelesaikan studi.
Kategori layanan bantuan bagi mahasiswa
Menurut Robinson ( 1981), terdapat tiga kategori masalah yang biasa
dihadapi siswa dalam sistem PTJJ. Ketiga kategori masalah tersebut
meliputi:
317