Page 310 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 310

Bila dilihat  dari  sisi  siswa,  maka  subsistem  PTJJ  yang  harus dilalui
      seorang siswa dapat digambarkan sebagai berikut:


























                      Gambar 1. Subsistem  Siswa dalam PT JJ
                         Diadaptasi dari A. Kaye (1981 , hal. 21 )

         Berdasarkan  Gambar  1  dapat  dijelaskan  bahwa  LBM  seharusnya
      diberikan pada  setiap  kesempatan  mahasiswa  membutuhkan  dukungan,
      yaitu  dari  mulai  sebelum  mendaftar,  pada  saat  mendaftar,  pada  saat
      mempelajari bahan ajar, pada saat ingin mengetahui hasil belajamya, pada
      saat  menyusun  rencana  belajar  selanjutnya,  sampai  pada  saat  siswa
      menyelesaikan studi.


      Kategori layanan bantuan bagi mahasiswa
         Menurut Robinson ( 1981),  terdapat tiga  kategori masalah yang  biasa
      dihadapi  siswa  dalam  sistem  PTJJ.  Ketiga  kategori  masalah  tersebut
      meliputi:

                                     317
   305   306   307   308   309   310   311   312   313   314   315